Sdr.Hendry,

arti dari kata wu sendiri mengandung 2 kata yaitu zhi dan ge yang
maknanya adalah menghentikan kekerasan. Jadi wushu adalah seni
menghentikan kekerasan.

Wude atau budi pekerti pesilat adalah hal yang harus dijunjung tinggi
oleh para pesilat.

Tujuan mereka melatih beladiri sebenarnya adalah pelatihan diri atau
penempaan diri dalam menghayati kehidupan, bukan sekedar gagah-
gagahan.

Dan mereka yang memahami wude tidak akan mau mengadu laga di ring
atau mencari permusuhan.

Hormat saya,

Xuan Tong
--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, Hendry Koe <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Salam bobo, shushu, ayi, gege, jiejie, meimei, didi di Milis Budaya
Tionghoa..

> Saya hendry, salam kenal yah.. Mari kita ngomongin hal yang lain
yuk.. Olahraga Wushu.. Olahraga Wushu itu kan asalnya dari
(/berkembang karena..?) dari budaya Tionghoa juga kan..? jadi boleh
ya nanya2 di sini. Dan olahraga kan tujuannya persahabatan, so mari
jangan "panas-panas" yah.. ^_^

> Begini.. Saya sedang dalam tugas akhir perancangan arsitektur,
judulnya fasilitas olahraga wushu. Dan setelah jalan beberapa minggu,
akhirnya saya bingung.. Dan saya mau coba tanya di sini, barangkali
ada yang mengerti Wushu.. Apa semangat Wushu?

> Atau mengerti filosofi dari Wushu.. dosen saya bilang kalau
filosofi itu akan sama sepanjang masa, dan satu (main). Sedangkan
yang saya temukan, dalam wushu sendiri terdiri dari banyak gaya
(changquan, nanquan, taijiquan, belum lagi yang gak dipertandingkan,
seperti baguaquan, xingyi, dsb).. Lalu bingung, bagaimana banyak
jenis bisa satu filosofi..? setelah saya googling, hampir semuanya
menuliskan, wushu itu sangat terkait (dipengaruhi) oleh filosofi
Tiongkok.

> (terutama saya dapat dari website-nya jetli) menuliskan bahwa bila
suatu beladiri
> berasal dari Tiongkok, maka dia mengusung filosofi Tiongkok, lali
dia menyambungnya di artikel yang lain, untuk mengerti suatu
makna/filosofi Wushu, diperlukan pengertian terhadap wuji (kosong/apa
netral?) yang menjadi taiji (muncul sesuatu), lalu yinyang, dsb..
(kalau saya tidak salah ingat). tentang ini saya benar2 kesulitan
mencari kata kunci yang tepat untuk di googling, dan sulit
menyambungnya.. Apa ini prinsip dari Tao?

> Bila saya cari filosofi TIongkok, terdiri tadi tiga sekolah besar
(Konfusianisme, Taoisme, Buddhisme), yang katanya tidak sama (malah
ada yang bertentangan), tapi dituliskan juga dipraktekan bersama-
sama.. Waduh.. saya sama sekali nggak ngerti.. :(

> Aduh, ngomongin olahraga, eh nyambungnya ke agama juga.. hi hi hi
mau gimana lagi.....?

> O iya satu hal yang terpenting, saya gak bisa sama sekalu Wushu..
he he he.. tapi senang sekali olahraga dan budaya Tionghoa, so pengen
belajar lagi, dan akhirnya mencoba Tugas Akhir ini.. moga2 gak salah
jalan.. he he he

> Xiexie..
> Hendry

Kirim email ke