Sdr.Agoeng,

memang saya pernah mendengar dari rekan-rekan tentang kegiatan yang
mereka lakukan tidak mendapat sambutan. Diskusi Cina atau Tionghoa
yang pernah diadakan juga tidak menarik perhatian, juga diskusi
sistem kewarganegaraan tidak mendapat respon.
Selain itu adalah diskusi-diskusi lainnya yang bersifat kebudayaan
juga tidak mendapat respon.

Memang sungguh disayangkan, tapi saya sarankan kepada rekan-rekan
team BT jangan berkecil hati. Integritas dan konsistensi dalam
menjaga sikap itu yang menjadi modal rekan-rekan dari team BT. Tidak
memihak dan juga tidak berafiliasi kepada suatu kelompok adalah hal
yang baik dan membanggakan bukan ?

Terkenal maupun tidak, itu bukan masalah. Yang menjadi hal penting
adalah tidak menjual diri demi ketenaran dan uang.

Sdr.Agoeng, perlu anda ketahui bahwa salah satu moderator milist ini
berhasil mengundang seorang anthropolog asing datang ke Indonesia
sebanyak dua kali bahkan sedang mempersiapkan kedatangan yang ketiga
kalinya untuk penelitian budaya Tionghoa di Indonesia. Bahkan nama
milist ini disebut-sebut dalam suatu makalah penelitian kebudayaan di
luar negri.
Bukankah beberapa moderator diundang berkali-kali untuk memberikan
seminar di luar kota ?
Tahukah anda bahwa team BT sempat menulis buku dan mencetaknya dari
kocek mereka serta membagikannya gratis ? Bahkan nama pengarangnya
saja nama palsu yang tidak dikenal, siapa penyusun dan penulisnya
hingga hari ini tidak pernah diketahui oleh umum.

Apakah hal-hal diatas tidak membanggakan rekan-rekan team BT ?
Saya pribadi bangga tapi yang perlu dihindari adalah perilaku sombong.

Dan juga hal-hal diatas yang membanggakan saya tidak pernah disebut-
sebut oleh para moderator dan team BT di milist ini. Walau kegiatan
itu menguras kocek pribadi mereka dan mereka meminta dana kemana-mana
tapi tidak mendapat respon, hanya sedikit responnya.

Inilah hal yang patut dibanggakan. Dan saya menulis ini bukanlah
mengorek atau mengungkit kegiatan dari anggota team BT yang jumlahnya
tidak lebih dari 10 jari. Tapi berjuanglah terus dan jangan pikirkan
menjadi terkenal atau tidak. Apakah kegiatan mereka dihadiri oleh
banyak orang atau tidak, itu bukan hal yang penting. Yang terpenting
adalah tangan kanan memberi tangan kiri tidak mengetahui.

Akhir kata, jika anda mencintai milist ini, saya harap anda mulai
menjaga tulisan anda. Jangan sampai moderator ditegur karena ulah
anda, dengan demikian anda sudah menunjukkan dukungan anda terhadap
milist ini.

Hormat saya,

Xuan Tong

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, [EMAIL PROTECTED] wrote:

> Yg hadir? 4L lagi lah. Dulu pernah juga kan malah dianggap pun
tidak, emangnya sapa lo? Brani ngajak tokoh n petinggi cina diskusi
terbuka.
> Sent from my BlackBerry®
> powered by Sinyal Kuat INDOSAT

Budaya Tionghua Mailist mengadakan suatu diskusi atau seminar dengan
tema:

> Asimilasi dan pemberangusan budaya tionghoa, atau
> kirno, likno dan parno
> atau tema lainnya
>
> dengan mengundang Harry Tjan Silalahi (3 suku kata yg menggambarkan
nama barat, cina, dan batak...contoh asimilasi ke dlm 3 budaya) dan
anak-anak CSIS

> Tempatnya bisa di panjay atau di csis atau dimanapun.
> Hasilnya bagaimana? Harry Tjan akan terima atau tidak undangannya
beserta alasannya, bisa diberitahukan ke mailist juga.

> Semoga ide ini bisa di tanggapi dengan baik.

Kirim email ke