Sdr.Njoo,

On 29 Okt, 03:47, "haoliong njoo" <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> [...]
> perdebatan yang baru, seperti misalnya tentang Zeng He, tidak ada
> manfaatnya, sebab perdebatan yang lama saja belum selesai, yaitu
> tentang symbol Yin-Yang dan tokoh fiktif Sie Djin Koei.
>
> Tentang symbol Yin-Yang (Taijitu) menurut KingHian dan Xuantong
> asalnya dari Confucius.  Ini kesimpulan yang salah, sebab sudah saya
> BUKTIKAN dengan referensi, bahwa symbol Taijitu sudah dikenal orang
> JAUH2 sebelum Confucius lahir, yaitu dalam I-Ching (1700 BC) dan
> paling sedikit sejak Daoisme.  Dalam I-Ching symbol Yin-Yang
> diungkapkan dengan symbol garis yang terputus (--) dan garis yang

Tolong buktikan bahwa saya menyatakan bahwa simbol Yin Yang berasal
dari Confucis ?
Anda sendiri harusnya tahu apa yang dimaksud 太极图atau gambar Taiji.
Jadi sekarang anda saya tuntut untuk membuktikan tulisan anda itu yang
menyatakan bahwa saya mengatakan bahwa YIN YANG berasal dari
Confucius.

> [...]
> broken and solid lines (e.g. ☰ is heavily yang, while ☷ is heavily
> yin)]
>
> Bahkan KingHian sendiri telah menunjukkan dalam referensi yang sama
> bahwa simbol Taijitu (sebagai bundaran yang terbagi menjadi dua
> daerah) itu jelas2 ditulis sebagai simbol dari Taoisme yang berasal
> dari Laozi (Lao Tzu) yang hidupnya sekitar 600 BC (referensi ([2]
> <http://en.wikipedia.org/wiki/Laozi>).
>
> DUA2-nya, baik I-Ching maupun Laozu, jauh lebih tua daripada Konghucu
> (551-479 BC).  Jadi, menurut LOGIKA, adalah tidak mungkin bahwa

Taijitu diciptakan oleh orang lain dan bukan oleh Confucius. Yang
menciptakannya bernama Zhou DunYi 周敦颐 pada masa dinasti Song.
Merupakan suatu cara memahami makna Taiji LiangYi 太极两仪,dimana
dimaksudkan bahwa Taiji mengandung Yin dan Yang kemudian ada
pergerakan sehingga menimbulkan YANG dan tiada pergerakan sehingga
melahirkan YIN. Keseimbangan ke dua sifat itu yang terutama. Yin Yang
itulah yang disebut Liang Yi.
Jika menggunakan kosmologiConfuciusm, Wuji = 0, Taiji =1, Liang Yi= 2
yaitu Yin dan Yang. Jika mengutip Daoism dalam kitab DaoDe Jing, Dao
melahirkan 1 ( yaitu Tai Ji ), 1 melahirkan 2 yaitu Yin dan Yang, 2
melahirkan 3 yaitu 3 keselarasan, 3 melahirkan semua mahluk.

Jadi logika anda dimana sekarang ini ?
Anda berpikir bahwa Taiji Tu adalah Yin dan Yang ?
Sudah paham apa yang dimaksud Taiji Tu ?

> [...]
> ANALISA menurut akal (reason) atau logika, dan filsafat.  Dalam hal
> ini ternyata analisa KingHian dan Xuantong (bahwa Taijitu itu berasal
> dari Confucius) sama sekali tidak masuk akal, jadi jelas2 KELIRU.  Ini
> kira2 sama halnya seperti Banjir Besar jaman Nabi Nuh (Noah).   Oleh
> kaum Kristen fundamentalis dianggap bersumber kepada Kitab Injil
> Perjanjian Lama.  Tetapi sejarah membuktikan bahwa kisah Nabi Nuh itu
> sudah ada sejak jaman Babylonia, yaitu dalam kitab Gilgamesh Epos yang
> ketemu dalam penggalian arkeologi di Irak.  Jadi kisah Nabi Nuh itu

Anda termasuk orang yang sombong sekali, saya berikan ujar dari Lun Yu
学而不思,则罔;思而不学,则殆 xue er bu si ze gang, si er bu xue ze dai.
Artinya adalah mereka yang belajar tidak berpikir akan tersesat,
mereka yang berpikir tanpa belajar tidak memahami.

Data di internet begitu banyaknya, ada yang benar dan juga ada yang
salah. Jika hanya menggunakan mesin pencari saja tentunya juga mudah
terjebak dalam banyak kesalahan.

> [...]
> yang MAHA PENTING, yaitu daya kreasi berdasarkan pikiran masing2.
> Maka dari itu Tiongkok lama tidak maju-maju, hingga akhirnya menjadi
> orang pariah dinegerinya sendiri.  Perlu adanya orang macam Mao Zedong
> dan Deng Xiaoping  yang sanggup berpikir sendiri dan mengetrapkan
> unsur2 filsafat barat (Marxisme dan Pargmatisme) kedalam analisa
> mereka.   Saya kira, demikian juga halnya dengan KingHian dan
> Xuantong.  Anda berdua perlu sekali mendalami filsafat barat dan
> sejarah dunia, juga sejarah Tiongkok yang di analisa oleh ahli2

Anda tidak sadar bahwa Mao sendiri mengubah konsep Marxisme dengan
mengutamakan petani ? Itu jelas pengaruh dari Nong Jia. Sudahkah anda
membaca buku-buku Mao yang lain ? Berapa banyak ia mengutip
Confucius ?

Lu Jia sendiri menganut aliran pragmatis dan liberal, sesuai dengan
latar belakangnya sebagai Taoist dan mereka yang mempelajari sejarah
perekonomian Tiongkok serta sistem keuangan Tiongkok akan menemukan
nama Lu Jia serta kendala yang dihadapi pada masa itu sehingga paham
ekonomi liberal berdasarkan kekuatan pasar ambruk. Pragmatisme sendiri
ada 2 macam, yang bersifat materi dan non materi atau bersifat
kerohanian. Sebagai contoh adalah kata-kata Kong Zi mengenai alam
kematian, itu adalah pragmatisme 实用主义  yang bersifat kerohanian atau
religius.

Istilah Pragmatismeآ  berasal dari kata Yunani pragma yang berarti
perbuatan (action) atau tindakan (practice). Isme di sini sama artinya
dengan isme-isme lainnya, yaitu berarti aliran atau ajaran atau paham.
Dengan demikian Pragmatisme itu berarti ajaran yang menekankan bahwa
pemikiran itu menuruti tindakan.
Pragmatisme memandang bahwa kriteria kebenaran ajaran adalah faedah
atau manfaat. Suatu teori dianggap oleh Pragmatisme benar apabila
membawa suatu hasil. Dengan kata lain, suatu teori itu benar kalau
berfungsi.
Dengan demikian Pragmatisme dapat dikategorikan ke dalam pembahasan
mengenai teori kebenaran (theory of truth), sebagaimana yang nampak
menonjol dalam pandangan William James, terutama dalam bukunya The
Meaning of The Truth. Dan hal ini dapat dicompare dengan Lun Yu bab
Taibo atau juga dengan Zhuang Zi yang mengatakan bahwa kebenaran itu be
rsifat relatif.

Deng XiaoPing sendiri mengambil kapitalisme yang dibungkus dengan
jargon sosialisme. Coba anda kaji dahulu sejarah perkembangan ekonomi
dinasti Qin dan awal Han.
Pragmatisme berbicara faedah dan hasil, sama seperti wuwei jingji,
tapi pragmatisme ekonomi yang dicanangkan oleh Deng sendiri membawa
permasalahan besar hingga hari ini, seperti disintegrasi, kesenjangan
sosial, kesenjangan antar daerah ( cat: seperti yang terjadi pasca
pergerakan wuwei jingji ), polusi dan lain-lain. Pragmatisme membawa
suatu kekosongan rohani atau juga sikap hidup di kalangan masyrakat
Tiongkok. Dan untuk mengisi itu, diambillah suatu aliran pemikiran
yang mencakup mulai dari politik, kehidupan bermasyrakat, tata krama
dan sebagainya. Yang diambil adalah Confuciusm gelombang ke tiga,
seperti yang digambarkan oleh Tu WeiMing, arus Confuciusm ke luar dan
kemudian kembali ke Tiongkok.

Gerakan kearah kapitalisme bebas sendiri akhirnya mulai direm sejak
tahun 2000 awal dan sejak terbitnya buku Huobi Zhanzheng, membuat
banyak orang Tiongkok was-was akan kapitalisme dan kemarahan para
pejabat keuangan Tiongkok memuncak akhir-akhir ini terhadap USA
sebagai negara kelahiran pragmatisme.

Satu hal yang anda lupakan adalah Sun YatSen yang jelas mendapat
pendidikan barat tapi tidak bisa mengusir para agresor asing yang
sejak revolusi 1911 itu makin berani memasang tulisan "Chinese and
dogs not allowed". Apakah Sun itu seorang penganut Confuciusm ?

Satu hal yang menurut saya benar adalah konsep Perubahan, dimana
perubahan itu selalu berjalan dan ketika satu point memuncak, point
yang lain akan naik hingga yang memuncak akan menurun. Tidak ada satu
paham atau isme yang kekal dalam dunia ini, kecuali adanya perubahan-
perubahan. Mereka yang statis akan tergerus oleh jaman.
Penggunaan atau pengolahan sumber alam harus selalu diimbangi dengan
kebijaksanaan kita dalam mengelola alam itu sendiri 天人合一,天人感应 jangan
sampai merugikan kita sendiri.

Menurut anda kedua hal yang saya tuliskan yaitu perubahan dan
keselarasan dengan alam itu relevan atau tidak ?

> [...]
> amat berharga.  Anda berdua telah menyeleweng dari pokok pembicaraan
> dan berdegenerasi menjadi membual2kan pengetahuan anda tentang data2
> sejarah Tiongkok, yang tidak ada artinya, jika tidak di analisa secara
> logis menurut akal.  Perlu diketahui, saya bersedia melayani KingHian
> dan Xuantong berdiskusi, hanya demi membawa kalian berdua ke dunia
> ILMIAH, seperti yang dewasa ini dimaklumi dan dianut orang didunia
> yang beradab.  Jadi dengan perkataan lain, demi meningkatkan taraf
> berpikir kalian berdua maupun para pembaca yang lain.

Anda sendiri yang kacau balau dalam menilai dan memahami Sie DjinKoei
yang menurut anda adalah dongeng, tapi anda sendiri yang terjebak
kedalam kata-kata anda sendiri. Jika tidak diberitahu oleh sdr.King
Hian sebutan bahasa mandarin Sie DjienKoei adalah Xue Rengui, apakah
anda mau mengakuinya ? Malah anda berbelit-belit dengan memisahkan
antara Sie DjinKoei dengan Xue RenGui. Itu artinya anda tidak mengerti
apa itu Tiongkok dan Zhongguo yang dalam aksaranya ditulis 中国. Anda
mengerti sekarang ?
Jadi teringat ada seseorang yang menggunakan nick name Indosheperd
berbual di Tionghoa Net yang mengatakan bahwa kaisar YongZheng dibunuh
oleh Lv SiNiang dan dengan bangganya mengatakan bahwa ia mempelajari
sejarah dinasti Qing itu dari orang Jerman yang akurasinya sangat
jempolan.
Ternyata apa yang ia kutip berasal dari cerita silat.

Apa anda termasuk sejenis dengan orang itu ?

> [...]
> ibaratnya orang yang berada didalam hutan pada umumnya tidak tahu
> tentang adanya padang rumput dan padang pasir diluar hutan, sebab
> penglihatannya tertutup oleh pepohonan (kalau tidak salah, ini adalah
> ujar2 Confucius juga).  Dengan perkataan lain, KingHian dan Xuantong
> adalah seperti „katak-dibawah-tempurung" (bukan dengan maksud menghina
> atau memaki).  Perbandingan Confucius yang tepat adalah dengan filsuf2
> Yunani kuno macam Socrates, Aristoteles dan Plato, YANG DEWASA INI
> SUDAH TIDAK DIANUT ORANG LAGI, sebab sudah amat jauh ketinggalan

Anda belum mempelajari sejarah perkembangan filsafat Tiongkok bukan ?
Bukankah yang disebut Socrates, Aristoteles dan Plato, mungkin perlu
ditambahkan dengan nama Anaximandros biar kelihatan lebih lengkap, itu
dipelajari oleh orang-orang generasi selanjutnya. Termasuk juga oleh
santo Thomas Aquinas.
Bahkan dipelajari oleh Kant itu sendiri.
Bahkan ada rumor mengatakan bahwa Kant mempelajari filsafat Timur yang
diterjemahkan kedalam bahasa Jerman dan Prancis oleh para anggota
missionaris serikat Jesuit.

Apa yang berkembang sekarang merupakan pembelajaran dari yang lampau
dan hanya mereka yang bisa memahami serta memberikan suatu inovasi
atau terobosanlah yang bisa dianggap sebagai guru besar. 温故而知新为师也.Anda
mau memungkiri kata-kata ini ?
Apakah kata-kata ini pantas dimasukan museum ?

> [...]
> least in certain degree, to modern Chinese people's daily life?
> (e) What is the universal values in Confucianism
> (f) And its significance to contemporary world

> Ini baru diskusi yang benar2 "make sense" dan tidak membuang2 waktu.
> Silahkan kalian membuktikan diri akan kesanggupan kalian berpikir
> kreatif atas dasar akal dan logika sendiri berdasarkan data2 ilmiah
> yang kredibiltitasnya ditunjukkan (atau dibutktikan) dengan referensi.
>  Disini referensi fungsinya bukan sebagai KITAB INJIL yang HARUS
> DIPERCAYA, melainkan hanya sebagai bukti bahwa data2 yang anda ambil

Sebelum anda mengutip tulisan prof.Xu KeQian 徐克谦 教授 dan berlagak
seolah-olah anda sudah membaca tulisannya, saya kutipkan kata-kata
beliau dalam bukunya yang berjudul 孟子现代版 Edisi modern Meng Zi,
penerbit 上海古籍出版社, ISBN 7532528812.
Beliau mengatakan bahwa bukunya itu bukanlah menuliskan kitab Meng Zi
dalam bahasa kuno dan menterjemahkan kedalam bahasa mandarin yang
modern, juga bukan memberikan kritik atas Meng Zi. Tujuannya adalah
kita berpikir secara jernih dan menempatkan diri kita sebagai Meng Zi.
Semua kata-kata Meng Zi ditelaah, bukan dibuang begitu saja,
disesuaikan dengan kondisi jaman, diperbaiki dan seterusnya. Artinya
beliau juga memahami bahwa ajaran Confuciusm tetap relevan, yang
diperlukan adalah penyesuaian kondisi dan perubahan. Hal ini juga
sesuai dengan asas perubahan dalam kitab Yi Jing yang menjadi salah
satu buku acuan Confuciusm ( cat: lucunya anda mengutip Yin Yang
berasal dari Yi Jing tapi anda tidak tahu bahwa Yi Jing adalah salah
satu buku acuan Confuciusm ).

Hal ini juga sesuai dengan pemikiran Tu WeiMing yang mengatakan 3
tahapan besar dalam waktu terhadap perubahan Confuciusm.

Jadi apa yang anda inginkan ? Suatu bentuk kritik ? Atau suatu bentuk
pembaharuan ? Apakah anda tidak malu mengutip tulisan orang lain yang
sebenarnya orang tersebut mendukung Confuciusm ? Dan workshop yang
beliau berikan itu adalah perkembangan dari jaman ke jaman terhadap
Confuciusm. Jika ia mengutip Lu Xun tentunya juga pada saat bicara
Taoism, akan juga mengutip Lu Xun.

Tulisan secuil dari prof. Xu yang anda kutip belum mencerminkan
pemahaman anda yang mendalam terhadap Filsafat Tiongkok. Apalagi jika
mendebatnya, mungkin sebelum mendebat, anda harus mengerti pandangan
Mo Jia, Fa Jia, Dao Jia terhadap Confuciusm dan apa Confuciusm itu
sendiri.

> Saya tunggu sambutan KingHian dan Xuantong.
>
> Hormat saya,
> Ir. Haoliong Njoo

Hormat saya,

Xuan Tong