From: King Hian <[EMAIL PROTECTED]>
Subject: Re: [budaya_tionghua] Mengeluarkan pendapat itu Hak Asasi Manusia
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Date: Friday, November 21, 2008, 3:39 PM

Sdr Ati,

Mengeluarkan pendapat itu memang hak setiap orang, tetapi harus diingat bahwa
orang lain pun mempunyai hak untuk tidak setuju dengan pendapat tadi. Dan yang
paling penting adalah setiap orang mempunyai hak untuk mendapatkan informasi
yang benar, bukan informasi yang bias, apalagi yang ngawur dan menyesatkan.
Kalau ada seseorang yang terus menerus mengeluarkan pernyataan2 tidak benar dan
menyesatkan, maka berarti ia ini telah melanggar hak asasi orang lain.

Masalah falungong sudah sering menjadi sumber keributan di milis ini, banyak
member yang meminta moderator untuk membanned member "bandel" yang mengirimkan
postingan2 tentang falungong, yang ujung2nya selalu mengarah ke lagu lama yang
diulang-ulang: Pemerintah Komunis RRC menindas pengikut2 Falungong, walaupun
"prolog"nya berbeda-beda (sekarang dimulai dengan dongengan tentang Gong Li).

Jadi, Saudara Ati, kalau kita hanya ingat "HAK" kita saja, biasanya kita lupa
"KEWAJIBAN" utama kita, bahwa HAK kita jangan sampai melanggar HAK orang lain.

salam,
KH