Dear all,
  Sebelumnya saya mohon maaf, baru saja saya mengikuti secara random topik ini,
tapi semakin lama saya rasa sudah makin tidak berbobot dan tidak terkendali
isinya. Ternyata kalimat kalimat kasar dan tidak berbudaya itu bisa menularkan
emosi kepada pembacanya yah....pagi ini saya membuka email dan mencoba
mengikuti apa sih yang diperdebatkan dan saya menyadari perasaan saya kok
merasa tidak nyaman yah...
  Saya tidak pernah bersentuhan dengan Falun gong dan saya tidak berhubungan
dengan apa itu PKC. tapi saya mencoba mengerti apa yang dirasakan para praktisi
falun gong...
  saya hanya mencoba membayangkan jika saya katakanlah membuka sebuah usaha
dagang ( mungkin bukan analogi yang tepat, tapi intinya suatu organisasi ),
mula mulanya diizinkan dan usaha saya itu kemudian berkembang dengan pesat,
tetapi tiba tiba usaha saya diharuskan ditutup karena dianggap merugikan
negara, tentu saja saya akan menuntut pemerintah dalam hal ini untuk memberikan
jawaban yang rasional, dan juga menuntut keadilan jika barang dagangan saya
diobrak abrik, tapi falun gong tidak mempunyai gigi dibanding pemerintah china,
tentu saja wajar jika mereka kemudian koar koar di luar dengan harapan mendapat
simpati dan dukungan dari luar seperti yang dilakukan oleh dalai lama.
  Terlepas dari apakah falun gong bersalah atau tidak, propaganda falun gong
menurut saya adalah manusiawi dan wajar jika mereka menuntut hak nya untuk
didengarkan suaranya oleh pemerintah china karena merasa"dicerai sepihak".
  Di lain pihak saya juga mengamati banyak sekali anggota yang sangat pro RRC,
terlihat dari thema thema sebelumya mengenai tibet, olimpiade, sekarang falun
gong, orangnya itu itu saja, dan semua ulasan dalam perdebatannya sangat lah
jelas memposisikan dirinya dimana, apapun topiknya argumennya sudah jelas
menjurus/pro kemana, perkataannya ( umpatan umpatan ) yang dipergunakan pun
sudah menjadi ciri dari setiap perdebatannya.
  Sementara pihak ketiga yang netral diam diam saja, dan ada yang adem adem
ayem , ada yang sudah mulai resah berfikir bagaimana kalau topik ini di tutup ,
keluar dari miling list, atau dengan menarik nafas dalam dalam untuk men
'delete' topik topik ini.
  Mengingat selalu adanya dua kubu ( salah satunya 'determined' pro China,
sedang salah satunya varible tergantung topik ) perlu kah kiranya kita bertanya
apakah topik topik yang seperti ini masih relevan terhadap misi dari miling
list ini yang berthemakan budaya Tionghoa ( budaya china "kuno" yang dibawa
oleh leluhur kita dan kemudian bersinkretis dengan budaya lokal/ Indonesia")
yang bertujuan untuk menginventarisasi, melestarikan, memperkaya budaya
tersebut dengan harapan adanya pemahaman dan rasa persatuan.
  apakah dari ulasan / pedebatan/ sumpah serapah dari masalah falun gong ini
saudara saudara ku merasakan semangat untuk memahami masalah dan rasa persatuan?
  Saya mengusulkan kepada moderator untuk merumuskan kembali misi dan difinisi
dari miling list ini supaya jelas mau dibawa kemana miling list ini dibawa,
aturan mainnya ada dimana, dan tentunya dengan mengakomodir semua pendapat dari
anggotanya...
  terima kasih...
  cheers

bryan_c7 <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
          Diskusi dari mane bung? nyang ade aye bace dr maren ntuh debat, caci
maki, dllll...

Ente juga same bung same si kupret!
Orang kalo cuman mao kontek lewat japri, hargain dunk! terserah orang
mao bicare rame-rame ato kagak. kalo ente kagak mao japri, ya
dicuekin aja atuh. jangan pakse orang dengan care publikasiin isi
email orang nyang tujuannye cuman ke ente. tanpa pake ijin ame yg
bersangkutan, situ sembarang aje forward ke milis sini.

Pikirannye kalo bedue tuh selalu pacaran. lg mupeng ye??

BC7

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, Santo Putra <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

> Kalau diskusi berduaan itu mah pacaran . . .
> Semakin ramai kan semakin berbobot hasil diskusinya.
> Kok ada istilah main keroyok dsb-nya, itu sih bukan mau berdiskusi
tapi mau bergaduh, he he he . . . . .

Kirim email ke