Hawa udara "deep frozen" di Belanda (II)

     Seperti saya katakan diatas bahwa Nederland dalam cengkeraman es, lebih
baik aku katakan seluruh Eropa dalam cengkeraman es. Ini hari kota Munchen,
Jerman temperaturnya turun -30 derajad Celsius. Karena licinnya jalanan
banyak Mobil yang bertabrakan, terutama dijalanan yang kecil-kecil atau
mogok, karena problema accunya atau mesinnya.  Tetapi tabrakan di High Way
menyebabkan tabrakan yang berentengan, karena kecepatan dan susah direm.
Mobil yang karena licin, meskipun direm, tetapi tidak mau berhenti, sehingga
terjadi kecelakaan bertabrtakan atau "kecemplung" kedalam sungai. Untung
beberapa kejadian segera dapat pertulungan dari para petani atau pegawai
kebakaran. Karena terlalu dingin jalanan asfalnya membeku dan  rusak,
berlubang. Karena jalanan berlobang ditambah dengan terlalu dingin maka kaca
mobil banyak yang pecah. Juga air leding mendapatkan problema akibat airnya
membeku atau ledingnya pecah. Bayangkan bagaimana susahnya kehidupan kalau
tidak ada air yang bersih. Semua kerjaan yang penting umumnya perlu adanya
air.

Karena hawa udara yang dingin ini maka ANWB atau penjaga jalanan lembur
sampai malam. Mereka siap menolong kerusakan-kerusakan Mobil, mereka
mengusahakan agar sebisanya mobil-mobil bisa jalan lagi, sedikitnya
provisoris, dan kemudian harus direparasikan digarage (bingkil) mobil. Di
Eropa Barat kalau Mobil kita mogok dijalanan, kita dapat tilpon ANWB dan
mereka kirim orang untuk sementara membantunya. Demikian pula karena
problema mesin pemanasan dirumah-rumah tangga, maka para montir sangat repot
sekali. Orang Eropa dapat dikatakan setiap rumah mempunyai pemanasan
sendiri. Pada winter sangat menyulitkan penghidupan kalau rumah kita tidak
hangat, tidak ada air panas untuk mandi dan cuci tangan. Karena ini sudah
menjadikan kebiasaan hidup maka pemanasan adalah sangat penting bagi
kehidupan rumah tangga orang Eropa. Orang yang tidak punya rumah, tidur
dikebun-kebun atau hutan-hutan dicari dan dipaksa ditinggalkan dirumah-rumah
social dan diberi makanan dan minuman panas. Mereka boleh tinggal sampai
hawa udara panas lagi, baru mereka boleh meninggalkan rumah sosial ini.

Saya mempertanyakan pada diri saya, mengapa sewaktu kami tinggal di Shanghai
yang klimatnya sama dengan Holland, kami bisa tinggal bertahun-tahun tanpa
pemanasan dirumah? Disana ituwaktu kami juga merasakan sama enaknya seperti
sekarang diBelanda, dengan catatan system politik tidak dikut sertakan. Ini
semua adalah penyesuaian kebiasaan hidup.

Rumah-rumah sakit ramai karena kecilakaan, terutama ialah fracture (tulang
putus) pada paha atau polsnya. Seharinya penderita yang datang karena
fracture diantara 20-25 orang. Biasanya pertolongan pertama dirumah-rumah
sakit dikerjakan oleh para dokter muda, kalau merrka tidak bisa nangani baru
memanggil spesialisnya. Tetapi karena penuhnya kedatangan pasien, maka para
spesialist harus membantu di bagian pertolongan pertama. Ini masih belum
dibilang pasien-pasien yang karena lain-lain penyakit acuut yang datang pada
pertolongan pertama. Demikian ketiga anak saya dan menantu saya spesialis
diberbagai hospital baru bisa pulang rumah jauh malam. Kalau kita melihat
dan mengalami kerepotan-kerepotan diberbagai front, akibat hawa udara winter
ini tahun, memang sangat tepat dengan statement bahwa  "Nederland in de ban
van de kou, Nederland dalam cengkeraman hawa yang dingin."

Ini hari kami menyaksikan Nederlandskampioenschap Marathon diatas es alam
live diTV. Untuk wanita sepanjang 60 km dan untuk pria 100 km,  juaranya
ialah Carla Zielman untuk wanita dengan kecepatan rata-rata 32,9 km/jam.
Mereka sampai garis finish hanya berbedah dalam detikan saja. Untuk pria
Sjoerd Huisman, dengan kecepatan rata-rata 38,7 km/jam. Perbedahan dengan
nomor 2 sampai sepuluh hanya dalam ukuran seconde saja. Sangat indah untuk
dilihat bagi saya tidak perlu kedinginan, dan hawa udara yng banyak
embunnya. Kami melihat dengan tenang dipinggir kachel, perapian yang hangat,
bukankah satu lukse nonton dengan mendengarkan penjelasan oleh wartawan
sport dan saya juga minum teh dan kuwe keringan dengan cucu saya.
Perlombahan NK marathon yang terachir ialah 12 tahun yang lalu.

Seperti saya sudah katakan bahwa kira-kira ada 9 tempat yang mengadakan
perlombaan, mengherankan para organisator dengan kedatangan pengikut
perlombaan yang luar biasa banyaknya, enthusiasmenya jauh lebih tinggi dari
12 tahun yang lalu. Ini menyebabkan chaos lalu lintas. Sebagai contoh di
tour Plassentocht diKortenhoef, Holland-utara, kedatangan 20 000 pengikut,
karena kekurangan tempat parkir, maka Mobil-mobil diparkir secara
sembarangan, yang menyebabkan kesulitan lancarnya lalulintas. Ini
menunjukkan apabila ada perlombahan yang paling besar diBelanda yaitu
Elfstedentoht harus diatur dengan baik. Karena hawa udara masih dingin maka
pada hari minggu nanti masih akan di adakan perlombahan lagi dies alam.

Besok tanggal 9 Januari di Belanda dikota Heerenveen akan diadakan
perlombaan "Kejuaraan Skating Eropa", tetapi dalam gedung sport, yang sudah
terkenal di dunia skating. Perlombaan ini bukan diatas es alam, tetapi
diatas artificial es.

Dr. Han Hwie-Song

Breda, 8 Januari 2009 Nederland

Kirim email ke