Kemaren di Gath gue sempet ngobrolnya cuman sedikit soal rumah tua
ini Nana. Gue sendiri belum sempat tengok, pengen lihat juga. Khan
nggak lucu kalau berusaha menyelamatkan apa yang belum pernah
dilihat, hehehehe. Ntar dibilang latah hue hue hue.

Sedikit yang sempet di denger, ini rumah tua mau diperjuangkan
sebagai cagar budaya. Ide ini menarik, walaupun agak terlambat karena
katanya sebagian besar dari bangunan ini sudah kena bongkar.

Sedikit yang gue tangkep, katanya ada yang sudah frustasi bagaimana
mempertahankan bangunan yang ada di atas tanah senilai 20 M.
Ngumpulin duit sebanyak itu dari segelintir orang yang peduli
kayaknya impossible mission, sedangkan sumbangan kalau ada bencana
alam juga nggak sebesar itu.

Sedikit selentingan dari ibu Maya menimbulkan ide. Mengacu sama VOC
Galangan, gedung antik yang dialih fungsi jadi cafe, terus
tetangganya satu kompleks, Restoran TANG'S, dan tetangga sebelahnya
lagi, Raja Kuring. Barangkali bisa diusulkan sama yang mau beli/
bangun tanah itu untuk bangun konsep serupa, mempertahankan bentuk
bangunan, sambil melanjutkan maksud tujuannya ( kalau nggak salah
dengar katanya mau bikin McD?)

Jadi, kumpulin aje arsitek - misalnya koh ZFY untuk diminta
bantuannya rancang bangun satu kompleks yang selaras dengan bangunan
utama yang mau dipertahankan, tyus embat designer interior misalnya
si Robby untuk bikinin gambar yang bikin proposal itu lebih menarik.

Ini wild idea aje, khayalan untuk mengakomodir semua kepentingan.
Soalnya gue nggak ngikutin dan nggak ngerti persoalan rumah tersebut
apa dan kenapanya- sampai mana nya. Cuman miris aja setiap kali lewat
depan GajahMada, ngeliat sisa sisa Candranaya yang dikurung rangka
beton. Masih lumayan itu Candranaya masih berdiri walaupun tampak
nyeleneh nyempil dengan bangunan bergaya modern mengelilinginya.

Eh, gimana kalau kapan kapan kita kumpul-kumpul di Candranaya yang
sekarang jadi restoran - kayaknya sudah buka, kemarin gue lihat
spanduk diskon 50% - lalu disana cerita cerita nostalgila gedung tua?
Kapan yaaaa enaknya..... Ardy suruh ikut dunks tuh, supaya cerita apa
dan mengapa nya dengan gedung tua yang lagi diperjuangkan ini.

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, tristina ferdianty
<aishite.t...@...> wrote:

> Dear Ult and Bters lainnya...or istilah kerenya Bution2
>
> Mengenai Rumah Tua Soja yang ada di Karawaci, emmang menurt Ko
erick dan anak IPPMSTI sedang diperjuangkan utk direbut kembali dr
tangan konsumensarisme, bukan imperialis loooh... sebagai cagar
budaya yg hrs dilindungi

> Nah ini cerita yang layak kita perjuangkan, secara detilnya g gak
tau...krn didalamnya ada nama2 org penting yang kalau salah sebut or
ngmng g bisa dipenjara wakakkaka...

> Nah next Gath kayaknya kita main ke TGR neh...mereka akan adakan
Gathering Budaya Akbar, disitu gak hanya budaya tionghoa juga budaya
betawi dan lainnya yang diselenggarakan rencananya sih 22 Feb ini,
didekat Rumah tua tsb, dimana jadul rumah tsb sering menjadi lokasi
dilangsungkannya peristiwa2 budaya, dan rumah itu milik budaya bangsa
iNdonesia, karna gak hanya milik org Tionghoa aja.

> So visi n misi Ko Eric dan Geng IPPSMTI yang diketuai oleh Pak Ardy
Susanto, dan kmrn juga ada Aloysius en Yulia Sekretaris IPPSMTI,
ingin menggalang dukungan serta bantuan dari semua pihak, agar rumah
tua itu tetep EXIST sebagai cagar budaya yang diraway, dijaga dan
dipelihara dr generasi ke generasi.

> Kalo ko eric baca postingan g, mohon dapat share crt mengenai rumah
tsb, alkisahnya bagaimana, karan g yakin anak2 BT akan support
penuh ....ya gak KO HD?

> hehehhe
>

> Best Rgrds,
>

> Tristina Ferdianty (Nana)