Terus-terang, sebetulnya saya cenderung setuju pada pendapat Yap Hong Gie
sianseng yang Sunny-heng cross-posting-kan ke sini ini.
Tetapi tetap saja saya berpendapat sebaiknya janganlah perdebatan politis di
milis lain dibawa-bawa ke milis budaya tionghoa kita ini!

Karena toh members milis ini yang memang doyan politik, utamanya politik
ketionghoaan, juga kebanyakan sudah members pula di milis sebelah itu, dan
sudah membacanya juga. Dan kalau mereka punya pendapat lain, sudah akan
membantahnya di milis sana juga.

Nanti andaikata di milis ini, misalnya, Zhou-heng membantahnya, apa lantas
Sunny akan mem-forward bantahan Zhou-heng itu ke milis sana? Lalu, kalau
Yap-heng di sana menanggapi lagi, apa Sunny-heng lalu mem-forward-nya lagi
balik ke sini? Dan seterusnya berulang-ulang begitu! Gila kan??

Pada pendapat saya, kalau menurut perasaan Sunny-heng pendapat Yap-heng itu
sesuai dengan alur pikir Sunny-heng (seperti juga perasaan saya), silahkan
membuat tulisan sendiri berdasarkan dasar pemikiran Yap-heng itu, dan tulisan
Sunny-heng sendiri itu yang dipostingkan ke milis ini. Jadi nanti kalau ada
yang membantah/menanggapi di sini, ya Sunny-heng sendiri yang menjawab lagi,
dengan pemikiran Sunny-heng sendiri pula.

Begitu pendapat saya mengenai cross-posting tulisan tentang topik kata
"tionghoa" vs. kata "cina" dari milis lain ke milis budaya tionghoa kita ini.

TETAPI, lebih lanjut dari itu, tentang topik "tionghoa" vs."cina" ini, menurut
saya sudah tidak perlu disebut-sebut, dimuncul-munculkan, diungkit-ungkit,
diperdebatkan lagi di milis ini!
Tidak akan ada habisnya, tidak akan jelas apa kesimpulannya. Hanya mengumbar
kata-kata, bandwith dan emosi secara mubazir saja.

Dari sudut pandang seorang non-chinese seperti saya, yang tetapinya mencintai
budaya tionghoa, itu semua hanya pepesan kosong yang cuma pantas untuk
ditertawakan orang lain...

Wasalam.