Saya tahu jaman dulu altkatholiken religion tidak mau mengakui Paus dari Roma
sebab mereka sebetulnya adalah gereja catholiek yg nationalistik dan kurang
lebih mulainya sewaktu jaman reformasi dari Luther , Calvin etc. Memang mereka
mengambil sifat² dari gereja protestant - tetapi sayangnya sewaktu jaman das
Drittereich mereka menjadi gereja katholik yg nationalistic dan yg pro Hitler.
Memang dewan uskup dari Germany condemned ini aliran sebagai aliran catholic
nazi. Terus terang saya tidak menduga gereja ini masih ada. Ini gereja tidak
mungkin berkembang diDeutschland sendiri sebab menentang UUD Dautschland -
tetapi Oesterreich tidak dikuasai oleh geallierten jadi gereja ini masih tetap
berkembang. Saya kira yg diGermany persoalan ini sudah diselesaikan sejak jaman
dulu dan mereka kembali kedalam pangkuan Roma - tetapi rupanya masih ada
sisa²nya.

Gereja cathpolic dari Kerala asalnya bukan dari Paulus tetapi dari apostle
Thomas dan mereka sejak tidak ada hubungan dgn byzantium merupakan aliran
tersendiri. Mereka dlm jaman mongolian empira berhubungan dgn chaldean
oriental church dan menjadi oriental church tetapi kepala gereja mereka tidak
disebut patriach tetapi catholicos tetapi memakai tradisi syrean church. Gereja
ini di bikin kacau oleh tekanan portugal yg memaksakan roman catholic dan
kemudian oleh belanda yg memaksakan antioch orthodox kembali. Achirnya mereka
setelah juga ditekan oleh ingeris dgn gereja ingeris mereka setelah kemerdekaan
berhubungan kembali dgn roma.
Gereja mereka diklassifikasi sebagai syro malankara church dan sejak millenium
ini mereka punya kepala gereja diberikan pangkat major archbishop dan
catholicos dari gereja.  Oleh karena ini diIndia ada dua aliran catholic yg
100% catholic roma dan yg asal Kerala. Dua aliran adalah member dari gereja
dari Vatican. Uniform dari catholicos Syro Melankara adalah hitam dan kepalanya
pakai turban hitam b umpnyaukan pakai topi uskup catholik atau orthodox.

Mengenai gereja syria dgn patriach mereka - jikalau kalian perhatikan sewaktu
Paus Johannes Paulus dikubur sewaktu ceremonynya ada upacara kematian menurut
ritual dari syrian orthodox ini yg dilakukan oleh patriarch aliran ini.  Mereka
dianggap sebagian dari roman catholic tetapi liturgynya terlepas. Ini sama dgn
gereja syro-melankara dari kerala mereka secara administrasi adalah vatican
tetapi liturgy mereka sangat berlainan dan patriarch mereka memang dpt pangkat
Major Archbischop tetapi pangkat Catholicos didalam aliran mereka  tetap
dipegang.

Memang yg memakai nama catholic tidak perlu termasuk administratie Vatican -
umpnya Greek orthodox, Russian orthodox - Ini adalah Eastern orthodox
Mengenai coptic orthodox ini terpecah menjadi 2 yg coptic catholic dan yg
coptic orthodox  Yg coptic catholic administratienya dgn Vatican sedangkan yg
coptic orthodox berdiri sendiri dan lebih berhubungan dgn oriental orthodox
church. Yg termasuk oriental orthodox adalah Assyrian, Antioch, Eritrean,
Ethiopian dan juga Syro-Melankara dari Kerala. Dari aliran yg Syrian dan syro
melankara ke vatican sisanya berdiri sendiri.

Andreas