Yang ingin diberitakan sebenarnya adalah parayaan CGM, yang dimaksud
puluhan warga tionghoa kesurupan adalah para tatung/tangsin yang
lagi beraksi. Para tatung/tangsin adalah orang2 yang bisa kerasukan
(trance) roh halus, mungkin karena wartawannya awam tentang tatung,
maka dianggap seperti orang kesurupan pada umumnya.
Kalau cuma puluhan masih terlalu sedikit, karena di kota seribu kuil
(kota Singkawang) ada 552 tatung yang berparade saat CGM 2009.
(www.singkawang.us)

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "gsuryana" <gsury...@...>
wrote:

> [...]
target market
> yang paling mudah dibentuk.
> Cap Gomeh di Bogor kemarin termasuk yang terbesar sampai saat ini,
maklum
> sekali gotong Toa Pe Kong, bukan dari satu kelenteng ada dari
beberapa
> kelenteng ( konon 16 kelenteng, mohon Kang Ardian koreksi yah ),
sayang
> pertunjukan Liong sedikit terganggu karena penonton yang mbludak
sehingga
> gerakan Liong menjadi terganggu.
> Yang jelas sukses nya acara ini akan terus berlanjut di kota kota
Tangerang,
> [...]
adalah
> acara yang paling ditunggu setelah Imlek ( mencari angpao dengan
soja
> kesemua tetangga/maaf hanya berani soja ke cina peranakan doangan,
ke
> Tionghoa mah gak berani ), ikut latihan mukul kencrengan ( untuk
tambur mah
> terlalu kicit ), bagian gotong Toa Pe Kong mah keseret arus melulu
jadi
> hanya ikut lari doangan.
> Dan....................lintas suku etnis dan agama.

Kirim email ke