From: "ardian_c" <ardia...@yahoo.co.id>

Date: Sun, 15 Feb 2009 17:44:43
To: <budaya_tionghua@yahoogroups.com>
Subject: [budaya_tionghua] Re: yg lucu soal banjir di kelapa gading

Sebelonnya owe bukan ahli fengshui but ini pendapat owe soal komentar
dari abang aer

yi jing memang awalnya gak ada kaitan sama fengshui, yg berkaitan dgn
yijing diawalnya itu bugua alias ilmu peramalan dgn sistem probilitas
dari lemparan bambu dan jumlahnya.
Di Yijing bab pertama Qian Gua sendiri seh ada bahas naga dan kepala
naga lho. Coba aja liat Qian Gua punya Gua Ci pasti ada sebut2 kepala
naga :D

Istilah kepala naga itu mah sebenernya dah ada tapi ada yg kaitin dgn
nadi naga. But seinget owe itu yg bisa disebut aliran nadi naga ada
bbrp versi, yg dikaitin sama garis pegunungan di Tiongkok sono, ada jg
yg dikaitin sama bentuk, tapi itu jg mesti dicari ranting naganya or
wat getu. Nah kalu pake bentuk, biasanya diapit 2 barisan pegunungan
or bukit.

Soooooooooooooooooooooooooo ??????????????

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Liquid Yahoo" <liqui...@...>
wrote:

>     Tidak ada dalam rumus / hitungan feng-shui dalam I Ching tentang
kepala naga atau buntut naga (CMIIW), istilah itu hanya muncul
blakangan, ntah siapa yang memulai, tapi tetep aja rumus / hitungannya
tidak ada.

>     Lagipula emangnya marketing pengembang banyak yang ngerti feng-shui?
>
>     Budaya & agama di jaman kapitalism ini pun tak luput dari alat /
tujuan mencari uang....

Marketing pengembang untuk menarik minat pembeli beretnis Tionghoa...

>   Masalahnya, salah satu developer ternama pengembang di Pluit juga
menyatakan bahwa Pluit itu Kepala Naga, makanya banjir juga....hahahhaa

>   Jadi kalau di Kampung Melayu dll pada banjir, semuanya ada Kepala
Naga? Atau justru Naganya beranak? Hihihi

>   Memang para developer wilayah elit pandai sekali menggunakan
simbol2 or budaya tertentu sebagai propaganda pemasaran agar barangnya
laku......

http://groups.yahoo.com/group/budaya_tionghua :.
>   >
>   > .: Arsip di Blog Forum Budaya Tionghua http://iccsg.wordpress.com :.