From: Yamin Setiawan <ya...@setiawan.indoglobal.com>
Subject: Re: [budaya_tionghua] Re: Senjata Tiongkok
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Date: Thursday, 12 March, 2009, 10:13 AM

At 10:46 PM 3/11/2009, Ardian_C wrote:

>errr maksud owe itu pedang yg umurnya rebuan taon itu yg masih dimiliki

>dan diwarisin ama keluarga Zhang Daoling.

>rasanya gak ada keluarga didunia ini yg masih nyimpen pedang ampe rebuan

>taon kecuali keturunan Zhang Daoling.

Menarik juga ya.. :) Tapi kenapa ya pedang-pedang pusaka tersebut tidak

pernah bertahan lama sampai ribuan tahun ya? Apa karena hilang, tidak ada

yang mau merawatnya lagi atau rusak karena perang? Sayang banget ya... :(

Kalau di Indonesia, sampai sekarang banyak kolektor-kolektor dan jual beli

keris, apakah di Tiongkok tidak ada yang seperti itu dengan pedang-pedang

tua? Sayang juga ya, kalau sudah tidak ada yang mau simpan.. bisa-bisa

pedang-pedang tua bisa hilang / musnah... :(

Oh ya, apakah pedang-pedang pusaka tersebut punya kelebihan sehingga

dianggap sebagai pusaka?