budaya itu kadang disebut jg ji bai 寄拜, alasannya macam2.
1.ciong dgn keluarga
2.jaman doeloe jaman chunqiu yg lahir waktu pekcun dianggep pembawa bencana
makanya dititip ke keluarga laen
3.sakit2an, nah kalu sakit2an biasanya dicari dewa pelindung getu, kayak Kwan
Im, Kwan Kong dsbnya.
4.mempererat perhubungan tali kekerabatan antar 2 keluarga.
5.biar gak mati muda
6.biar kecipratan

nah diantara kejadian itu ada bbrp hal yg menarik, misalnya yg diangkat anak
ama bodhisatva biasanya diminta nama Buddhistnya, dirumah sehari2 pakai jubah
samanera, sampe umur 12 biasanya kembali ke vihara dan huanyuan alias bayar
kaul getu. kamsia dijaga ame bodhisatva or dewa.

yg ciong biasanya ganti sebutan kepada ortunya , jadi shushu, yi yi getu. trus
jg ada cara laennya dirubah tanggalnya getu plus dibantu pake jurus penamaan or
xingming xue.

yg biar gak mati muda biasanya angkat bapak ke wuchang gui 无常鬼 en
disebutnya Hu Gandie 胡干爹. soalne katanya itu wuchang marganya hu en itu
wu chang gui adalah setan pencabut nyawa, inget pepatah kalu sekejem2nya macan
jg gak bakalan makan anaknya sendiri getu lho.

biar kecipratan kaya, wibawa, rejeki, kepandaian, nah ini biasanya dilakukan
dgn mengharapkan biar itu anak besarnya nanti seperti ortu angkatnya getu.

rasa2nya jarang sekali yg tinggal sama ortu angkatnya kecuali itu keluarga
miskin en dititip dirawat keluarga yg kaya.

kalu kaitan ama diangkat anak ama "dewa" dsbnya biasanya sampe umur 12 taon.

latar belakang sejarahnya ya sebenernya gara2 kemampuan medis yg memble jaman
doeloe, jadi cari cara gimana biar itu anak panjang umur.
jadi jaman dulu itu caranya selaen pendidikan janin, makan vitamin dsbnya jg
dicoba jalur laen.

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "andytanoko" <andytan...@...> wrote:

> halo sesepuh Budaya Tionghoa,
> saya mau tanya tentang budaya kwe pang (= budaya memberikan anak kepada orang
> lain karena orang tuanya jiong thay shui ) latar belakang sejarahnya gimana ?
>  di jaman dahulu adakah batasan usia  si anak untuk kembali ke orangtua
> biologisnya? terus ada pula yang kwe pang ke vihara, itu seperti apa ya?

Kirim email ke