2 aspek buat urusan blau dan gondongan ini.
satu aspek dari TCM alias ilmu persinshean satunya algi dari aspek
spritualisme. Mau yang mana ?

1.aspek spritualisme, gondongan disebabkan adanya roh babi yg memasuki daerah
leher dan hanya bisa diusir dgn tulisan HARIMAU dan NAGA or harimau saja. dus
bukan yg nulisnya mesti shio naga or harimau.
2.aspek TCM, blau bisa mendinginkan daerah gondongan itu agar bisa terkontrol.

uniknya ada org yg kena gondongan dipake blau gak bae lho kalu gak ditulisin
tulisan macan hehehehehehe.
owe jg pernah ngeliat di daearh jateng ada nci2 yg buka pengobatan murah di
kampungnya, dia ngobatin yg gondongan dah taonan itu pake cara blau ditulis
macan eh ternyata manjur jg.

kalu kenapanya mesti ada tulisan macan itu bener2 bisa ngobatin ya walahualam
but ya gak ada salahnya toh hehehehe memperindah tulisan.

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Anton Widjaja" <pempe...@...> wrote:

> Anakku mungkin kena gondongan. Istriku nyari blau, pemutih pakaina jaman
> dulu. Ternyata nyari blau nggak susah susah amat,di pasar Grogol, Jakarta ada
> yang jual. Seumur hidup aku baru pertama kalinya lihat balu. Ternyata warna
> blau itu benar benar biru.
>
> Agak heran juga, sebenarnya apa sih yang dimaksud dengan mengoleskabn blau
> dengan karakter &#34382; dibagian yang bengkak ? Secra medis say aragukan
> fungsi blau ini, apakah pemutih pakaian diolesi di kulit dapat digunakan
> untuk mengalahkan virus yang mendekam di dalam kelenjar getah bening ?
> [...]

Kirim email ke