ada pepatah yg ngomong yi dao qi dao yg artinya pikiran/niatan sampai maka qi
sampe.
ada lage pepatah yg bilang yi qi shengding dgn qi yg bersih melahirkan kondisi
samadi.

semua gak salah, teori pikiran menggerakkan qi jg gak salah, teori qi
menggerakan pikiran hmmmmmmmmmmmmmmmmm ini rada rumit ya soalnya berkaitan dgn
emosi tubuh, organ tubuh dan unsur po.
emosi bisa bergerak karena adanya pengaruh dari luar /sentuhan indera, memasuki
pikiran dan bablas meledakkan emosi misalnya.
nah itu emosi marah misalnya jg khan itu berkaitan sama qi dan menghasilkan qi
tapi qi yg negatif, qi yg merepresi dan akan merusak organ.

so kunci utk merawat qi adalah dgn menjaga pikiran dan indra sehingga tdk
mempengaruhi kondisi qi, tubuh dan semangat/pikiran/"roh"

secara teoritis yuanqi tidak bertambah tapi jg bisa dijaga agar tidak cepat
merosot. kasarnya yuanqi itu battery unrechargeable, jadi rawatlah dgn baik dan
jagalah emosi serta perilaku.
Ini termaktub di Lun Yu cara merawat yuanqi dgn menjaga emosi dan perilaku.

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, Âî½Ó³ò <zentao...@...> wrote:

> Dear Ko Ardian,
>
> Kebetulan lagi membahas tentang qi.
>
> saya ingin bertanya , sebenarnya Qi yang menggerakkan pikiran
> atau pikiran yang menggerakkan Qi ?
>
> Trus yuanqi itu bisa bertambah ga kalo rutin lakuin meditasi ?
>
> Thank you
>
> å"俊樺

Kirim email ke