yup gak mesti cengbeng tapi tangceh jg boleh.

BTW kenapa CHENBENG itu mesti ngerawat kuburan massal ? soale itu musim ujan
dan sering ada erosi, en kalu mayat pada keluar dari kubur akibatnya apa ?
BENCANA huehehehehehehehe bencana penyakit dari mayat2 yg membusuk, kalu yg dah
100 taon seh gak jadi bencana kale.

Makanya mereka menyiangi rumput, memperbaiki makam, menanam pohon, memperbaiki
saluran air dsbnya.

Inga2 itu titah kerajaan TANG !!!!! emang seh selain mencegah terjadinya mayat2
pada bergelatakan gara2 banjir huehehehe ada kaitan ama 5 penghormatan. Itu jg
salah satu alesan kenapa harus hou zhang alias dalam dan tebal.

So itu yg dimaksud keselarasan dari pilar budaya tionghoa yg melandasi banyak
festivalnya !!!!!

Suer gw jg baru kepikiran abis konsultasi ame mantan mentor gw
huehehehehehehehehehe

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "gsuryana" <gsury...@...> wrote:

>  Untuk orang bokek cengbengannya bisa setiap saat koq, lagian bila memang
> mau
>  merawat tidak perlu nunggu cengbengan.
>  Minimal 6 bulan sekali marmer dan rumput harus di sikat, jadi makam
> terlihat
>  bersih dan rapi, bila pohon besar tidak boleh ditanam, yah nanem pohon
>  menjalar, kan tetap saja bawaannya adem serta biaya nya murah.
>  Acara Cengbengan memang acara bagi bagi duit buat para kaypang, yang kerja
>  di aku ajah libur sehari, dalam waktu 2 hari dia bisa dapat uang 500
> ribuan.
> [...]

Kirim email ke