*Satu hal lagi, saya rasa tidak ada yg pernah mempertentangkan ttg Tipitaka
Pali atau Tripitaka Sansekerta sebagai yang mana yg duluan. Apa lagi tak ada
klaim dari institusi Theravada maupun Mahayana yg mengklaim itu. Selama ini
otoritas yg melakukan kompilasi dan mempelajari serta menterjemahkan
Tipitaka / Tripitaka ada di bawah "International Buddhist Society" yg
berpusat di London ygn anggotanya adalah berbagai elemen maupun cendekiwian
individu dari berbagai golongan.

Karena kita ada di situs ini, ada baiknya bila kita bis mengidentifikasi dan
mempelajari lebih mendalam bagian-bagian dari tradisi dan kebiasaan ritual
Tionghoa mana yg Buddhis, mana yg Ruis, mana yg Taois dan mana dri kebiasan
purba serta kebisaan-kebiasaan lokal / regional - pasti akan sangat menarik
dan berwarna-warni.

Saya rasa akan lebih manfaat dari pada saling menjelekan atau mencari
kejelekan. Saya rasa 99% anggota milis ini tidak bertentangan dengan usulan
saya terakhir ini.
*

Kirim email ke