belon lama ketemu sama temen yg cerita kalu ada org yg namanya X itu muja di
gunung kawi, akhirnya jadi kaya tapi adiknya idiot, tiap taon karyawannya
banyak yg sakit dan mati, katanya itu tumbal dari gunung kawi.

hmmmmmmm biar owe cuma sekali ke gunung kawi, tapi rasanya itu statement
berlebihan dah. Owe jg kenal ama yg namanya X itu, en ya kalu adiknya idiot
bukan berarti karena memuja gunung kawi. wong kemaren ketemu ama mantan
karyawan yg anaknya dari kecil idiot, dan mantan karyawan itu penganut agama yg
gak kenal en menolak "pemujaan". Apa bisa disebut gara2 memuja tuhannya makanya
kena tulah dan kena kutuk jadi anaknya idiot ?

khan gak bisa begitu seenaknya mencap org yg ke gunung kawi itu memuja dan
memberikan tumbal. itu adalah pikiran org yg masih terkungkung sama dikotomi
iblis tuhan seenaknya dan kasih label seenaknya ama org lain.

saya bilang ama temen saya itu, lu pikir aja ada 1 juta yg ke gunung kawi
setiap taon, yg kaya itu brp ? apa semua minta tumbal ?
gw punya sdr yg tiap taon ke gunung kawi, gak ada tumbal2an tuh. usahanya maju
terus tapi sekarang mrk gak kembangin usahanya soalnya anak2nya jebolan luar
negri ogah dagang.

nah balik lage ama X, kadang owe kesian ama dia yg kena tuduh begitu aja. Wong
namanya karyawan ada ratusan, pasti tiap taon ada yg sakit or jg keluar kerja.
Tapi itu bkn berarti ada yg mati. X itu usaha yg terkenal dan dah 2 generasi,
jadi wajar bisa rame dan ngetop. Yg namanya X itu jg donatur banyak kegiatan
sosial, kasih bea siswa segala macem.

cobalah mikir netral dikitlar, jgn sebentar2 mikirnya muja, tumbal segala macem.
kok kayaknya jadi penghinaan buat kepercayaan tertentu.