Ko David Kwa Yth.,

Kamsia atas keterangannya bisa diterima dengan baik. Tetapi sebenarnya ada
kesalahan dari pihak saya dengan mengajukan pertanyaan yang kurang jelas.

Sebenarnya, saya sangat ingin tahu signifikannya dari istilah tempat
persembahyangan yang kalau kita liat di *bian* nya selalu memiliki variasi
akhir yang berbeda-beda dalam penamaan tempat itu sendiri dalam bahasa
Tionghoa nya (seperti pada beberapa tulisan terlampir).

Mohon bersabar atas kelambanan saya.

Salam hormat saya

2009/5/4 David Kwa <david_kwa2...@yahoo.com>

> Memang betul, dalam bahasa Tionghoa ada perbedaan antara BIO 廟 (Man.
> MIAO), KIONG å®® (Man. GONG), SI寺 (Man. SI), TONG å ‚ (Man. TANG), AM 庵
> (Man. AN), YNI 院 (baca: “i†dengan bunyi sengau; dalam ejaan Van
> Ophuijsen biasa dieja IE = Man. YUAN) dan KOAN 觀 (Man. GUAN) untuk
> berbagai jenis rumah ibadah Tionghoa. Owe rasa hal itu sudah beberapa kali
> dibahas di milis ini.
>
> Dalam bahasa Melayu Rendah yang banyak digunakan orang Tionghoa Peranakan
> dalam berbagai terbitan berbahasa Melayu sejak perempat terakhir abad ke-19
> [...]

Kirim email ke