Kamsia banyak ya,Ko Kiongchiu..

Saya sedikit bingung.Maksud saya sih yang lahir pada 15 Januari 1973 (kalender
internasional),kalau dalam kalender lunar jatuhnya tanggal & bulan berapa ya?
Saya cuma ingat shio tikus saja.

Oh ya,kalau cara perhitungan pergantian shio setiap tahun,berdasarkan yang
kudapat adalah dihitung mulai dari sesudah "kau-chun" (bhs Khek). Saya belum
tahu "kau-chun" dalam bahasa Indonesia ato Mandarin.
Contoh:
Tahun 2008,kauchun jatuh pada tanggal 27/12/2007 (imlak) atau 22 Januari 2008
(internasional).
Tahun 2009,kauchun jatuh pada tanggal 10/1/2009 (imlak) atau 4 Pebruari 2009
(internasional).

Jadi,kalau dilihat dari kalender internasional.
Bagi yang lahir diantara tanggal 22 Januari 2008 (jam 00.00.01) s/d tanggal 3
Pebruari 2009 (jam 00.00.00),masih shio tikus.
Misalnya kelahiran terjadi pada 3 Pebruari 2009 (jam 00.00.01),sudah masuk shio
kerbau.

Masih banyak yang beranggapan bahwa bayi yang dilahirkan pas atau sesudah Xin
Cia itu sudah harus ganti shio dari shio tahun sebelumnya,padahal itu belum
tentu.
Bahkan bisa terjadi juga sebelum masuk Xin Cia (1 Njet Cho 1) sudah pergantian
shio.

Terima kasih.

Aluk.