From: hoey_hin <hoey_...@yahoo.co.id>
Subject: [budaya_tionghua] Re: Qian XueSen yang dilupakan oleh USA(kisah
dibalik ShenZhou 5)
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Date: Tuesday, May 19, 2009, 9:23 AM

Berita ttg Qian mengajukan permohonan naturalisasi menjadi wn US, ini menurut
saya bagian dari propaganda saja, kalo pangkatnya udah kolonel buat apa lagi
naturalisasi. Ini semua kan US tidak mau kehilangan muka karena sudah menahan
Qian, yg nyata2 sangat berjasa utk kemajuan senjatanya.
Utk orang sekelas Qian dimana-mana jadi rebutan, tp ia bersikeras utk kembali
ke China. Kenapa bukan ke Taiwan, menurut saya itu karena kecintaan & ingin
memajukan negaranya (bukan juga krn komunis, krn komunis di China kan jg hal
baru).
Qian bukanlah orang yg mengejar harta, kalo dilihat pada masa itu keadaan
Ekonomi US & PRC benar2 ibarat bumi & langit. kalo ditilik dari kehidupannya yg
sekarang dia juga terlihat sederhana, bukan tinggal di rumah mewah, tetapi
hanya tinggal di apartemen tua, di dalam rumahnya pun tidaklah mewah, hanya
terkesan rapi dan bersih. Padahal dia orang yg sangat berjasa bagi kemajuan
kekuatan militer China, boleh dikata menciptakan kekuatan penyeimbang bg US.
Sudah sejak dulu US menghabisi musuh2nya dg di cap sebagai komunis, cara ini jg
dipakai di indonesia di jaman soeharto. Sekarang kalau yg dituduh itu Muslim
maka dicap sebagai teroris. Dan masih banyak lg kranjang sampah yg lain.

--- In budaya_tionghua@ yahoogroups. com, Hendri Irawan <heny...@... > wrote:

> Proses penahanan terhadap Qian XueSen
>
> 1950 Qian mengajukan permohonan naturalisasi menjadi wn USA, saat itu dia
> sudah mendapatkan pangkat militer setara Colonel (Assimilated Colonel) karena
> jasanya terutama dalam proyek Manhattan yang menghasilkan bom atom. Sesuai
> prosedur, diadakan pemeriksaan latar belakang. FBI menemukan nama Qian dalam
> sebuah dokumen partai komunis USA tahun 1935. Karena itu Qian dituduh sebagai
> komunis dan semua hak nya dicabut, termasuk pangkatnya. Kolega-koleganya di
> California Technology University berupaya keras membelanya dan membawa
> [...]

Kirim email ke