Quote:

"Indonesia masih berada dlm phase pre-imitatie jadi kira² 10-20 thn terbelakang
dibandingkan dgn phase imitatie -jaman Mao. Indonesia berada dlm phase assemble
jadi belum ada ahli² yg berilham. Pengetahuan para engeneer keluaran
universitas Indonesia S1 sampai S3 tanpa pendidikan diluar Indonesia tidak
berguna utk produksi sebab hanya theory dan tidak ada praktek...."
End of quote.

Setuju dgn. penilaian tsb. diatas.

Saya mengikuti milis profesional dari Indonesia. Mahasiswa dan profesional
masih menggunakan textbook LN (kebanyakan dari AS), Jurnal LN, website dari LN.
Padahal waktu saya belajar di Jerman tahun akhir 60-han, kami menggunakan semua
textbooks dan jurnal2 dari Jerman (karangan ahli2 Jerman) dan "tidak perlu"
menggunakan textbooks dari LN utk. belajar science & technology. Utk. CME, saya
membaca dan mengikuti US national dan international professional jounals dimana
publikasi dari China (selain Hong Kong dan Taiwan) mulai bertambah banyak
beberapa tahun belakangan ini. Juga publikasi dari India mulai muncul bertambah
banyak. Tetapi saya belum pernah melihat publikasi dari Indonesia satupun
sampai sekarang ini. Di international meeting/conference yg. sering di
laksanakan di AS sebagai Mekkah dari Science & Technology, kehadiran team dari
China sudah biasa sekarang ini, yg. bukan saja sebagai pendengar tetapi malahan
sebagai speaker juga. Orang2 dari Thailand, Singapore, Malaysia, Filipina (dari
Asia Tenggara) sudah lama menghadiri konferensi ini tetapi belum pernah bertemu
dgn. orang dari Indonesia (Note: bidang ini belum begitu berkembang di
Indonesia). Entah kapan Indonesia bisa naik ke phase yg. berikutnya/lebih
tinggi?

Beng-Hoey Jo

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, ANDREAS MIHARDJA <mihar...@...> wrote:

> pphase Mobnas  menurut saya masih pgase assembling.
> Phase kopy atau phase foundary jaman sekarang bukan mengassemble mobil tetapi
> membangun perusahan kimia obat²an yg memerlukan pengetahuan ilmu industrial
> engeneering, chemistry etc. dan dimana hasil product dpt diterima sesuai dgn
> standard ISO. Contohnya sekarang banyak obat²an yg dipakai diseluruh dunia
> dan yg sangat sophisticated di productie diPRC - Vitamin C -ascorbic-acid yg
> pure hanya PRC yg bikin.Banyak obat² OTC yg sudah tidak berpatent lagi
> diproductie diPRC.
> [...]

Kirim email ke