Fungsi kelenteng atau miao tidak hanya sekedar seremonial atau ritual, tapi
lebih mengacu kearah pusat komuninats atau center community.

Coba kita perhatikan , rata2 setiap china town memiliki miao atau kelenteng yg
berfungsi sebagai pusat komunitas.

Masalah yg terjadi sekarang ini adalah KLAIM MENGKLAIM kelenteng itu milik
sekelompok saja, bukan menjadi milik komunitas tionghoa, belum lagi ada
kebiasaan yg mensetan2kan kelenteng sebagai tempat ibadah yg sesat.

Jika memilah2 kelenteng dari jenis agama, jelas ada 2 macam sebutan yg mengacu
kepada agama import dan agama lokal.
Contohnya adalah Si atau jaman sekarang diartikan vihara adalah tempat ibadah
agama import.
Sedangkan utk Taoism, sebutannya secara umum gong,guan bahkan ada miao.
Ruisme memang menggunakan penyebutan miao sebagai salah satu tempat ibadat
mereka.

Tapi pada umumnya mayoritas masyarakat Tionghoa yg berjiwa sekuler, toleran,
miao TIDAK menjadi KENDALA mereka dalam berinteraksi.
Karena itu tidaklah aneh jika melihat miao bisa mengandung unsur 3 agama.

Struktur bangunan kelenteng jg mengacu kepada 4 forsa alam yaitu Harimau putih,
naga hijau, burung merah dan kura2 hitam.

Secara umum kelenteng terutama yg sudah disebut gong, si itu memiliki tiang
bendera.

Aula masuk Taoisme dan Buddhisme Tiongkok memiliki kesamaan ciri yaitu memiliki
aula yg bersifat protektor , dalam Taoisme disebut Lingguan Dian dan di
Buddhisme disebut Tianwang Dian.

Kesamaan dari begitu beragamnya jenis kelenteng adalah  mereka memiliki baiting
atau pendopo penghormatan.