Lagi nganggur nih di mobil jadi bisa jawab langsung hehehe.

Lagi2 saya bisa menerima penjelasan itu, walaupun secara sederhana bisa
ditanyakan yang manakah yang muncul duluan? Apakah adat sembahyangan orang
Tionghua atau konsep yin yang?

Tentu saja perdebatan bisa menjadi panjang sekali.

Dengan tidak adanya tulisan memang baik arkeolog atau antropolog hanya akan
merekonstruksi dari temuan2 saja.

Walaupun demikian pertanyaan tadi mungkin bisa dijawab dari beberapa
kemungkinan.

Ada 3 unsur yang bisa jadi terlibat. Adat sendiri (sebut A), konsep yin yang
(sebut B) dan kalendar (sebut C).

Bagaimana urutan kemunculannya? Bisa ABC bisa ACB bisa BAC bisa BCA bisa CAB
bisa CBA.

Urutan kemunculan tentu saja membawa konsekuensi masing2.

Misalnya katakan saja ACB
Pertama adat ada dulu dan kemudian muncul kalendar dan belakangan ada kosnep
yin yang. Karena adat ada dulu dan belum ada kalendar baku dan belum ada konsep
yin yang bisa jadi itu dilakukan berdasarkan misalnya panenan pertama saja
(harap diingat panenan pertama yg tidak harus panenan besar) tanpa tanggal yang
pasti. Kemudian penanggalan muncul, muncullah niatan utk standarisasi dan
kemudian muncul konsep yin yang, muncullah keinginan utk membuat adat itu
dilakukan pada saat yang tepat.

Penalaran yang sama bisa dilakukan utk kemungkinan yang lain ABC BAC dll

Dari penalaran itu kemudian dapat di analisa manakah yang paling mungkin
terjadi, sehingga bisa dijadikan sebagai teori. Dan satu hari nanti jika ada
bukti2 kajian arkeologis dan antropologis yang mendukung bisa menjadi penalaran
yang sahih.

Saya kuatir jawaban2 yang diajukan ko Ardian lebih penalaran yang dibuat
kemudian.

Karena pada dasarnya yang menjadi pertanyaan inti adalah yang mana ada dulu
adat konsep yin yang atau kalendar?

Salam, Harry Alim

Sent from my BlueBerry®
powered by Sinyal Kuat BLUESAT