From: david_kwa2003 <david_kwa2...@yahoo.com>
Subject: [budaya_tionghua] Re: budaya permainan , daftar dulu permainan yang
diminati
To: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Date: Thursday, September 10, 2009, 6:03 PM

Ngga usa jau-jau ke sebrang lautan, bukan hanya di Ponti sana, ncim-ncim dan
ncek-ncek di Benteng (Tangerang) juga pada pinter maen Ce-ki 一枝 ('satu
batang'), dll. Btw, selaen Ce-ki, masi ada jenis permaenan laen yang namanya
Cap-ji-ki 十二枝 ('dua belas batang'). Apa bedanya ya? Maklum owe bukan tukang
maen dan tida bisa maen ...

Selidik punya selidik, rupanya kaum Peranakan (Baba-Nyonya) di Singapura dan
Malaysia (Melaka - Pulau Pinang) juga kenal yang namanya permaenan Ce-ki, yang
mereka sebut Chitki. Permaenanan dari Hokkian ini tersebar buhan cuman di
Indonesia, tapi juga di kedua negara jiran tersebut. Ada yang tau?

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "kawaii_no_shogetsu" <fenghuan...@...>