yang dikatakan ko Henyung bener...

ronde biasa di gunakan pada saat acara Dongzhi...ronde terbuat dari tepung
ketan....dan biasa pada acara pernikahan Tionghoa yang masih kental budayanya
menggunakan ronde ini untuk makanan yang dimakan antar sesama saudara kandung,
yang konon katanya mempererat tali kandung persaudaraan meskipun sudah menikah
/ dinikahkan dan berdiri dengan keluarga yang baru....dan pada upacara-upacara
keagamaan pun terkadang menggunakan ronde ini...

salam,
san san
--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "henyung" <heny...@...> wrote:

> Maaf nih karena bukan berasal dari pusat kekuasaan (baca: jawa), jadi istilah
> ronde agak asing.
>
> Ronde itu tangyuan bukan ? Yang biasanya dimakan saat dongzhi ? Kalau betul
> tangyuan, budayanya memang dari winter solstice / dongzhi. Tapi asli tidak
> asli yah tergantung definisi aslinya kali. Soalnya tangyuan juga bisa
> beda-beda tergantung dari lokasinya.
>
> Hormat saya,
>
> Yongde

Kirim email ke