Sifat kita semua sekarang ini seperti katak dalam tempurung. Setelah
30 tahun dalam tempurung, apapun tak tahu, apapun tak mengerti, kalau tadinya
sudah mengerti, tidak tahu perkembangan terakhir, akhirnya jadi tetap bingung.
          Ketika tempurung dibuka, baru kita belajar melihat, tepat seperti
orang buta ingin tahu gaja itu seperti apa? Yang meraba belalainya mengambil
kesimpulan bahwa gajah berbentuk bulat panjang, yang meraba badannya mengatakan
gajah seperti dinding dsb.
          Nah, kita kena penyakit yang sama, tahu sedikit, sudah berteriak
merasa paling pandai, kalau benar-benar diminta berdebat, balas dengan caci
maki dsb. Mereka tidak mengalami derita kita dalam orde baru, mereka tidak
ingat peristiwa Mei yang mengerikan, karena tak merasakan maka dianggap saja
tak ada. Itu sifat katak dalam tempurung.  Sekarang tempurung dibuka, loh, saya
jadi serba tak tahu, supaya kelihatan pintar, ngomong saja asal ceplos, tanpa
dasarpun tak apa asal berani mengejek, biar yang benar kejengkelan diejek
habis-habisan.
          Kalau generasi kita terus begitu, kapan kita maju?  Kita tahu, 30
tahun yang lalu, Tiongkok adalah salah satu negara termiskin di dunia, jalan
aspal saja hanya punya 50 meter kata sebuah tulisan orang sana yang saya baca,
saya tak tahu di mana adanya yang 50 meter itu. Tanpa banyak komentar, sekarang
highway kelas internasional, sudah merupakan terpanjang nomor dua di dunia,
hanya masih di bawah USA.
          Kota Xi'an kota tua mantan ibukota dinasti Qin, dinasti Han dll. dulu
benar-benar kota kuno. Sekarang disamping kota kunonya akan dipertahankan, kota
baru di bagian utara sedang tumbuh dengan pesat. Setasiun baru dengan 18 peron
akan selesai pertengahan tahun ini. Jaringan jalan kereta api cepat sedang
dibangun dengan target:  Xi'an Chengdu/Chongqing yang sekarang 10 jam,  8 tahun
yang lalu saya ngobrol dengan seorang mahasiswa riset dari Universitas
Illinois, yang sedang mengadakan riset di Sichuan, ia bahkan mengatakan dri
Chengdu ke
Xi'an perlu sehari semalam. Sekarang akan menjadi 3 jam. Belum ke tempat lain.
         Saya tak tahu di tanah air bagaimana, yang saya tahu jalan tol
Cipularang mempercepat waktu Jakarta Bandung, kereta apinya?
         Kita kurang mau belajar dari orang lain, kita hanya merasa diri
sendirilah yang paling pandai, paling suci dan paling benar.
         So what?
Salam prihatin
Liang U