Mohon maaf, nimbrung.....................
Saya  kira ini dampak dari ketidaksingkronan pengertiann bahasa atau
misunderstang. Terkadang dalam memahami suatu penjelasan,  esensi bahasanya
yang dipertegas ketimbang esensi budaya, sementara yang menangkap ingin
mempertegas esensi budayanya atau sebaliknya dan kadang tidak jarang esensi
yang dibahas menyangkut budaya dan bahasa.

Contohnya : Kata "CINA". Kata ini menjadi bermasalah karena kehilangan huruf "
H " karena akan berbeda dengan kata "CHINA". Memang sulit, karena yang akan
mengucapkan adalah kita2 yang tinggal di Indonesia yang mana sering mengabaikan
huruf-huruf. Dimaklumi atau tidak ini terus saja terjadi karena mayoritas
pelafalan Orang Indonesia seperti itu. Contohnya : Jusuf Kalla ( ini harus
dibaca "Kalla", double "l" dan kalau diucapkan tidak dengan double "l" ini
bermakna negatif menurut suatu bahasa tertentu.Kata Akhmad, ini juga banyaj
yang cuek aja tulis Ahmad<<< ini masih sering didengar oleh penutur bahasa
Indonesia, apalagi kalau mau membedakan CHINA atau CINA. Yang sehari-haripun
yang berkaitan dengan agama ( Islam misalnya ) pelafalannya juga gak seragam
bahkan tidak betul.  Bismillah  <<<  dibaca bismilo dsbnya. Sebenernya ini yang
mesti ditertibkan oleh FPI.....hehehe
Jadi menurut saya, memang sebaiknya kita menggunakan sebutan yang disenangi
oleh orang/kelompok yang kita panggil atau kita sapa. Sebagai contoh penyebutan
kata Indon, sebagian besar Indonesia tidak senang kalo dipanggil demikian,
padahal apa bedanya kalo Indonesia kalau memang itu hanya panggilan. Lain
halnya kalau tulisan resmi. Kita juga sering menyebut AMRIK, AUSSIE dan
lain-lain dan fine2 aja. Tapi wa yakin suatu saat penyebutan AMRIK ini akan
bermakna negatif juga dikarenakan AMRIK / USA ini sering memainkan peranan yang
kurang baik di beberapa negara, tapi itu kan soal nanti. Kita tunggu aja
berita...mungkin besok, lusa, bulan depan, tahun depan dstnya. Selama kita
tidak diembargo, kita cuek aja..egp.

O.k.....akhirnya saya ingin mengatkan bahwa, ada banyak penjelasan yang sudah
proporsional, tetapi karena beda esensi maka ujung2nya menjadi persoalan yang
dibahas tidak selesai. Tidak sedikit juga para member ( mungkin termasuk saya )
harus dipertegas dengan bahasa sederhana ( bahasa orang pasar ) baru " ngeh",
mengerti atau understand. Masih mending kalo, understand..!! Yang repot kalo
esennya menjadi bias ditarik kemana-mana hingga  menyinggung pribadi dsbnya.

salam,

Nasir Tan