Kemaren hari Minggu gue dapet forward SMS yang bunyinya begini:
"AKSI DAMAI RAKYAT INDONESIA MELAWAN KETIDAK ADILAN UTK SELAMATKAN INDONESIA:
Ikatkan pita hitam di lengan kiri, mulai hari Senin 2-10 November. Sebarkan.
Tks."

Gue langsung melotot. Gue bales aje, "Waduh. G kalu brani pake pita item,
bisa-bisa dipecat mertua deh."

Eee, nggak berapa lama gue dapet lagi sekali lagi. Bunyinya beda dikit, tapi ya
sama ajak aksi damai dengan pita hitam di lengan. Berhubung gue tahu yang fwd
sms ini juga masih 'pegang adat' langsung aje gue semprot, pake sms lagi
tentunya,

Tyus langsung gue bales deh, "Enak aje, bokap gue masih hidup, lu suruh gue
pake pita item di lengan kiri."

Hehehehe, sorry, gue sih kaga bakalan ikut aksi damai kali ini.

Lepas dari pendapat pribadi gue soal cicak lawan buaya, atau apakah
Bibit-Chandra layak diciduk atau tidak, Hal itu gue bahas di milis sebelah aja
kali, yang pas buat ngompol, ngomong politik. Di milis yang ini gue bahas dari
sisi budaya nya.

Masalahnya gini, gue nggak tahu di keluarga lain. Tapi di keluarga gue, kalau
pakai pita hitam di lengan kiri itu teh tanda berkabung. Tanda baru saja
kehilangan ayah. Gila aja, kalau gue ikutan tu aksi damai, bisa bisa disamplong
engkong, dianggap nyumpahin bokap sendiri cepet mati kali!
Pantang lah buat gue mah!

Jadi inget aturan nay-nay. Jangankan pakai pita hitam buat aksi-aksi. Hari
biasa, berani pake baju hitam lewat depan Nay-nay aja bisa kena semprot.
Pantang! Pakai baju hitam atau putih, itu tanda nyumpahin keluarga dapet duka.
Ganti! Pake yang merah! Bahkan pake warna biru/biru tua aja disuruh segera
ganti. Gue inget sepupu gue pernah protes, pake merah melulu, ntar di seruduk
banteng gimana. Tyus naynay mendelik, di kota mana ada banteng?! Huehuehuehue.

Makanya waktu koko-cici sepupu gue masuk SMP, pake baju item biru, itu wajib
jib jib pakai atribut merah. Yang cowok pake tas merah atau iket pinggang
merah. Yang cewek pake pita merah.  Nggak heran satu sepupu gue yang serumah
sama nay-nay, paling benci-ci-ci-ci sama warna merah. Soalnya dia bete selama
naynay hidup, tiap hari wajib pake warna merah. Maka waktu doi kawin, ogah pake
merah, tapi ga berani juga kalau ga ada merah2, jadi diganti mulai undangan
sampai dekorasi, pink semua! Huehehehehe.

Udah nggak ada naynay sih rada-rada bebas. Acara keluarga, pake item boleh,
pake putih silakan, pake biru monggo. Tapi tetep-tep-tep ada beberapa pantangan
yang nggak bisa ditawar, terutama tanda-tanda perkabungan. Pantang pakai ikat
kepala hitam maupun putih. Pantang pakai pita hitam di lengan. Baik kiri maupun
kanan. Soale di kiri tanda ayah/ayah mertua meninggal, di kanan tanda ibu/ibu
mertua meninggal.
(Sebetulnya pita biru, kuning, merah juga ada pantangannya juga noh)

Makanya kalau buat gue si, ikut-ikutan aksi-aksian boleh boleh aja. Tapi
liat-liat dulu ah, kalau bentrokan sama adat yang gue pegang, mendingan gak
usah aje lah.

Na, disini siapa aja yang ikut aksi damai? ada nggak? huehehehehe.

Kirim email ke