Itulah yang dinamakan BANGSA dalam pengertian NATION, jadi tidak berdasarkan
ras atau melihat gen, darah dan turunan orang bersangkutan. Dia berhak
menamakan diri orang AMERIKA, setelah diterima menjadi kewargaanegaraan AS,
begitu juga asas yang dipegang RI dengan keluarkan UU No.12/2006 yl. itu, bahwa
kewarganegaraan tidak berdasarkan ras, suku dan etnis lagi, tapi berdasarkan
status HUKUM sebagai warganegara. Oleh karena itu etnis TIonghoa yang sejak
lahir sudah sebagai WNI adalah BANGSA INDONESIA ASLI, yang tidak beda dengan
warga dari suku-suku lain yang ada.

Tapi kalau kita sedang bicara suku, pengelompokan orang berdasarkan ras,
turunan darah, tentu saja bisa melihat kulit, rambut, mata, ... ciri biologis
orang itu, juga boleh saja melihat dari kultur budaya dan orang itu merasa atau
lebih suka disebut orang apa atau suku apa. Terserah saja. Kenapa harus
diperdebatkan? Seorang India yang mengaku dirinya TIonghoa, ya silahkan saja.
Sebaliknya seorang TIonghoa yang mengaku Batak juga silahkan saja. Syukur saja
pengakuan itu bisa diterima dengan baik-baik oleh kelompok yang bersangkutan.

Yang lebih penting, setiap kita jangan menjelek-jelekan, melecehkan bahkan
menghina manusia yang berbeda dengan kita sendiri atau suku lain, hanya karena
merasa diri paling heibat, paling benar dan lebih superior. Harus bisa
menerima, menghargai dan menghormati setiap umat manusia yang hidup didunia ini
dengan segala perbedaan yang ada. Itu saja.

Salam,
ChanCT