Tentu pernah dengar "Luk", cuma org teochew minum tetap ga pake/sebut Luk,
pakenya Ciak. Mungkin ya luk itu dipakai waktu lagi proses "luk teng" (pake
mangkok minum kuah/sop).

Kalo untuk ajak org minum, tetap pake Ciak Teh, Ciak Kopi, Ciak Ciu.
Kalo saya tidak salah ingat, jamannya ChunQiu ZhanGuo, dimasa itu juga
bahasanya juga tidak pake minum, untuk minum teh/arak, tapi mereka tetap bilang
makan teh/arak.

Benar daerah Tg.Balai Karimun juga ada yg campur melayu/indo, sapa seperti org
singapore juga. Kalo yg umuran 50 keatas ngomong masih bisa murni teochew saja,
yg mungkin lebih pake teochew pek weh, atawa teochew yg diterjemahin dari
mandarin gitu.

Contoh kata melayu/indon yg sulit dihilangkan :
- "TAPI" (baca: Tak pi)
- "Kalau" (baca Ka-lauu)

JK

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, Edy Lim <edy8...@...> wrote:

> Waktu kecil kalau tidak salah diajarin oleh orang-orang tua Teochew
>
> Teochew           Hokkien
> Minum : luk       Minum : lim
>
> Di Tanjungpinang cenderung sudah tidak ada Teochew murni lagi karena campur
> Melayu, Hokkien dan lain-lain.
> Koh Joao pernah dengar kata "luk"?
>
> Salam
> Edy Lim