________________________________
Dari: Ophoeng <opho...@yahoo.com>
Kepada: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Terkirim: Sel, 29 Desember, 2009 23:38:28
Judul: [budaya_tionghua] Foto 56 Suku Bangsa Tionghoa dan Istilah (Sorry)
"Fan-na".

TTM BT semuah,

Hai, apakabar? Sudah makan?

Mungkin sudah agak lama anda tahu ttg 56 suku Tionghua yang diakui pemerintah
RRT, tapi saya baru terima foto dari teman saya via e-mail, isinya ttg 56 suku
bangsa Tionghua yang secara resmi diakui pemerintah RRT tsb.

Katanya foto-foto itu dibuat oleh 14 fotografer profesional, selama satu tahun
dan perjalanan sejauh 10.000 mil lebih (berapa kilometer?) untuk menghasilkan
foto-foto ini.

Sila lihat link-nya di blog saya:
http://ophoeng. multiply. com/photos/ album/447#
http://ophoeng. multiply. com/photos/ album/448/
http://ophoeng. multiply. com/photos/ album/449

Sayang sekali, teman saya cuma dapat 53 foto saja, jadi masih ada kekurangan 3
foto. Barangkali di antara anda ada yang punya versi lengkap 56 foto, tolong
bagi kepada saya sisa yang 3 itu, yakni:
(1) Kazakh, (2) Mulao, dan (3) Bonan.

Saya bandingkan dengan yang dicantumkan di link wikipedia ini:
http://en.wikipedia .org/wiki/ List_of_ethnic_ groups_in_ China

Ada perbedaan antara penamaan di seri foto tsb dengan yang di wikipedia, yakni:
Gao-shan (wiki) dengan 'Taiwan Minorities', beda istilah di wiki: Taiwanese
Aborigines. Sila cek lin ini:
http://en.wikipedia .org/wiki/ Taiwanese_ Aborigines

Karena saya klik yang 'Gao-shan' pada wikipedia, saya lantas menemukan ada
gambar ttg foto kuno yang dibuat pada 1895, sila lihat link-nya ini:
http://en.wikipedia .org/wiki/ File:Taiwanese_ aborigines% 281895%29. jpg

Di bawah foto tsb ada teks: Chinese woodcut from 1895 depicting a Taiwanese
aborigine tribe leader (&#30058;&#29579; ) and tribe woman (&#30058;&#23110; ).

Yang menarik adalah kutipan berikut:
"...In some cases, members of plains tribes adopted the Han surname Pan
(&#28504;) as a modification of their designated status as Fan (&#30058;:
"barbarian") ....."

Perhatikan huruf FAN {&#30058;)[f& #257;n]= 'barbarian', yang homonyms (serupa
bunyi) dengan &#39277;(&#39151; )[fàn] = nasi. Selama ini kita kenal istilah
yang (sorry) berbunyi 'Fan-na' atau 'Fan-kui', 'Fan-bo' (&#30058;&#23110;
?)(jangan keliru ama merek kosmetik ya!), yang kita tahunya 'fan' di situ
sebagai 'nasi' - fan-kui = setan nasi, ndak mau kerja, bisanya makan doang(?)

Apakah mungkin yang dimaksud 'fan'nya bukan 'nasi', tapi 'barbarian' - suatu
istilah yang pada jaman itu merujuk ke suku bangsa asli (aborigine?) , bukan
dalam arti barbar = liar. Mungkin saja, jaman itu, pendatang yang merasa lebih
'berbudaya' - pakai baju lengkap, menganggap suku bangsa asli sebagai
'barbarian' (liar) sebab bisa jadi mereka belum punya adat berpakaian lengkap.

Jadi, kalau memang benar 'fan'nya adalah {&#30058;) ini, mestinya tidak
bermaksud melecehkan para suku bangsa asli - dengan istilah 'fan-kui' (setan
nasi?), tapi justru merupakan 'pengakuan' bahwa mereka adalah penduduk asli
tanah daratan yang mereka (kaum pendatang) singgahi dulu?

Barangkali para lao-xiung ada yang bisa lebih memperjelas?

Terima kasih.

Salam makan enak dan sehat,
Ophoeng
BSD City, Tangerang Selatan

Reply to sender | Reply to group Messages in this topic (1)
Recent Activity:        * New Members 7
Visit Your Group Start a New Topic

.: Website global http://www.budaya-tionghoa.net :.

.: Arsip di Blog Forum Budaya Tionghua http://iccsg.wordpress.com :.

MARKETPLACE
Going Green: Your Yahoo! Groups resource for green living