Info bung Zhou FY ttg Zhonghua Zhonghui ini tidak seluruhnya benar.

Organisasi yg pada zamannya ditulis sbg Chung Hua Tsung Hui (CHTH)ini didirikan
segera sesudah berakhirnya zaman Jepang. Saat itu terjadi ketegangan di
kalangan masyarakat Tionghoa dan muncul tekanan pada organisasi tunggal yg
disponsori Jepang, Hua Chiao Tsung Hui/Hua Chiao Chung Hui (HCTH/HCCH) atau dlm
bhs Jepang Kakyo Sokai.

Maka muncullah CHTH, yg pertama kali muncul di Jakarta tgl 15 Okt 1945 (Jepang
kalah Agustus'45). Yg kemudian diikuti dg pendirian CHTH di daerah2 lain. Pada
masa itu mmg CHTH didominasi kaum totok, khususnya yg berkiblat ke Kuomintang.
Ini beda dg HCCH yg didominasi peranakan. Baru barangkali stlh berdirinya RRT
organisasi ini diambil alih oleh mereka yg berkiblat ke sana.

jadi statement Zfy ini tidak tepat
> Zhonghua. zhonghui adalah organisasi yg didirikan oleh tionghoa WN RRT di
> indonesia,

Justru yg dominan adalah org2 Kuomintang, apalagi di th 1945 blm ada RRT.

Namun memang benar, bahwa antara CHTH satu tempat dg tempat yg lain tdk ada
hubungan organisatoris.

Sejarawan Mary Somers Heidhues sudah menulis bbrp artikel ttg organisasi2 TH
tsb.

didi

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, zho...@... wrote:

> Zhonghua. zhonghui adalah organisasi yg didirikan oleh tionghoa WN RRT di
> indonesia, utk mengurusi kepentingan mereka dlm masalah sosial dan politik,
> termasuk urusan pendidikan warganya.
> Pada prinsipnya, himpunan2 marga dan sekolah2 Tionghoa juga menjadi perhatian
> organisasi ini. Namun sifatnya bukan membawahi, lebih ke koordinasi.
>
> Krn berstatus warga asing,  organisasi ini menjalin hubungan yg erat dng
> kedutaan maupun konsulat RRT di daerah2. Meski di mana2 ada zhonghua
> zhonghui, tapi antar organisasi2 di daerah ini tak ada ikatan organisasi,
> [...]

Kirim email ke