From: Tjandra Ghozalli <ghozalli2...@yahoo.com>
Date: Fri, 29 Jan 2010 01:31:40
To: <budaya_tionghua@yahoogroups.com>
Subject: [budaya_tionghua] AYO SUMBANG ANJUNGAN TI

Yth pa Dipo,
Memang menyedihkan kalau kita tidak bisa menyelamatkan bangunan bersejarah
warga Tionghoa. Tetapi kita juga tidak bisa diam saja merenungi nasib bangunan
bersejarah yang sudah dihancurkan (ironisnya oleh pengusaha warga sendiri) toh
waktu tida bisa berjalan mundur?  Satu satunya cara adalah membangun taman
budaya Tionghoa baru yang lokasinya memang diperuntukkan untuk cagar budaya
nusantara (bukan di daerah bisnis atau pasar yg gampang diserobot orang).
Menurut saya bangunan budaya Tionghoa sangat berguna untuk jati diri warga
Tionghoa di kemudian hari (anak cucu kita) menjadi semacam terakota.  Mengenai
gunanya anjungan TI tentu sama seperti anjungan lain yg ada di TMII yakni
memperkenalkan budaya dari etnis / daerah bersangkutan kepada khalayak ramai
bukan hanya warga Tionghoa. Semoga apa yang saya tulis ini dapat diterima dan
saya pribadi tidak punya urusan bisnis di anjungan tersebut. Salam, TG