Jawabannya: saya sudah mengubrek-ubrek di zhongwen.com termasuk pencarian via
google.com, ternyata belum cukup data yang akurat.

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "Kawaii no Shogetsu" <fenghuan...@...>
wrote:

>  Kenapa tidak cari di www.Zhongwen.com?
> Website yang cukup informatif dan membantu.

<<<<<<<<<<>>>>>>> bagi kamu sudah cukup via Zhongwen.com, bagi sy pribadi belum
cukup dan kurang puas.
Ada hal lain dari segi tinjauan filsafat orang Tionghua:
  1. mengapa huruf pembenaran itu dibentuk menggunakan tulisan yg mengacu pada
anak kambing/anak domba?
  2. mengapa pembenaran dan hasil dari pembenaran itu sendiri berada di atas
huruf saya (Wo), di sini ada naluri dan pikiran yang tajam disertai perasaan
kepekaan terhadap kesadaran ttg benar dan hasil dari yang benar. Dalam tulisan
filsafat cheng ie dan wei ie adalah huruf yang mengandung makna luar biasa.

  3. mengapa orang Tionghua kuno, menjelang perayaan Imlek HARUS membawa
hewan/unggas ke hutan belukar untuk memotong hewan/unggas itu kemudian
membiarkannya mati dengan bercucuran darah.
Mengapa?
Ini adalah tinjauan filsafat dan kesadaran kepekaan diri.

Jadi, yg daku tanyakan ini justru dalam penelusuran budaya Tionghua termasuk
latar belakang pembentukan huruf bhs Han itu sendiri.
Saya sempat memperhatikan kumpulan huruf kuno yang tercetak di buku Astrologi
orang Tionghua yang disebut "THUNG SU". Buku Astrologi ini dipakai untuk
menghitung nasib yg di dalamnya memuat ilmu ttg alam/gejala alam. pada bagian
lampirannya tercetak 1.000 bhs Han dg 4 bentuk perubahan penulisannya.

ok.

sekian dulu, sy sendiri belum mendapatkan jawaban yg pasti krn sdg mengadakan
studi literatur online di dunia maya.
Jadi, jangan HANYA beratanya  'Kenapa tidak cari di www.Zhongwen.com?'

oleh dan karena itu sya jawab TIDAK CUKUP untuk sy pribadi maka sy mencoba
melontarkannya ke forum ini utk mendptkan info yg lebih solid.
thx.

Kirim email ke