From: Azura-Mazda <extrim_blue...@yahoo.com>
Sender: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Date: Fri, 18 Jun 2010 20:24:32
To: <budaya_tionghua@yahoogroups.com>
Subject: Re: [budaya_tionghua] Re: PRC dan R.O.C? atau hanya PRC saja atau
bagaimana yah?

Apeq Liang U,

Saya dukung PRC. Hancurkan Wanpanesse dari provinsi Taiwan..!!!

Dari: liang u <lian...@yahoo.com>
Judul: Re: [budaya_tionghua] Re: PRC dan R.O.C? atau hanya PRC saja atau
bagaimana yah?
Kepada: budaya_tionghua@yahoogroups.com
Tanggal: Kamis, 17 Juni, 2010, 10:40 PM

Nimbrung sedikit yah,
       Waktu saya masih di USA sana, Berita besar-besar di koran, ternyata ada
seorang profesor terkemuka Thurow ( kalau tidak salah ingat ia dean dari
fakultas ekonomi MIT, universitas kondang sedunia) menyatakan ekonomi RRT
melesat lagi itu isapan jempol, sebetulnya sedang menyusut. karena sejak
Peristiwa Tian'anmen tahun 1989, semua modal asing lari, tak berani balik lagi,
waktu itu kira-kira tahun 2001. Sampai  mantu saya bertanya kepada saya, apa
itu betul? Saya jawab, kalau ekonomi maju, pasti banyak modal asing yang masuk,
pengusaha tidak bodoh, uangnya dihamburkan di negara yang kacau balau, tapi
saat itu, saya unjukkan data, bahwa modal asing mengalir lagi secara deras ke
RRT, berarti ekonomi berkembang pesat. Peristiwa Tian'anmen tidak merubah
sistem yang sudah terbuka.
     Apakah tidak heran prof kenamaan  bisa salah? Tentu bukan salah, politik
yang digunakan sebagai dasar. Sehingga kesimpulan riset nya bukan fakta tapi
harapan. Apa yang diharapkan, itu yang dipakai kesimpulan.
     Saya kira tidak ada gunanya memancing orang untuk memihak siapa? Yang satu
tanah air Indonesia, yang lain adalah tanah leluhur. Mengapa harus
dipertentangkan? Pertanyaan memakai kata "kalau" adalah pertanyaan yang
memancing emosi orang, sebab tak akan pernah terjadi kalau kita mau bersahabat
dengan negara lain.
     Di milis ini dulu ada yang bertanya dalam budaya Tionghua anak harus
mendukung atau setuju dan mengikuti keinginan ayahnya. Bagaimana kalau Khong Hu
Cu menyuruh muridnya membunuh diri? Dalam budaya Tionghoa guru dianggap seperti
orang tua. Sekarang pertanyaannya ikuti perintah itu atau jangan?
     Nah, ini ada "kalau", yang jelas jawabannya tidak akan pernah terjadi.
Untuk apa diributkan? Patriotisme tidak diukur oleh ucapan tapi oleh perbuatan.
     Yang mungkin dan banyak terjadi adalah bagaimana kalau isteri berkelahi
dengan ibu?  Ini yang harus dipikirkan. .........Selamat berpikir dah.