gak usah basa basi segala macemlah, yg jelas itu ada waktu belajar pengobatan
TCM, literatur soal 15 luo jg ada, yg intinya mah luo itu garis2 penghubung
antar meridian, misalnya dari meridian shou taiyin, titik liejie keluarnya dan
seterusnya.

ini kata shifu ente khan bilang ada merdian buat kesehatan buat beladiri en
buat kemampuan gaib. lha suruh dia aja jelasin atuh. kok malah minta literatur
dari ane ? en terus terang gw baru denger ada meridian2 buat beladiri ,
kemampuan gaib en kesehatan.

doeloe org2 nganggep kalu meridian ren ama du kalu tembus bisa sakti segala
macem yg banyak dicerita2 silatlah. trus ditambah2in lage bertaon2 segala macem.
gak usah jg literatur di indonesia, di rrt sono jg rata2 bahas 20 itu, jarang
yg bahas yg 35.

--- In budaya_tionghua@yahoogroups.com, "iswardeni" <isward...@...> wrote:

> Malem ko Ardian,
>
> Makin yakin dech, bisa dapat ilmu banyak dari Ko Ardian. Biar secuil-secuil
> enatar pasti dapat banyak juga.
>
> Di buku yg beredar di Indonesia cuman bicara 20 Meridian, tolong dong Ko
> Ardian paparin Meridian selebihnya.
>
> Tanpa literatur kan sulit cerita, Shifu saya bilang sangat banyak dan di
> tubuh itu membentuk seperti kurungan ayam yg padat. Jadi meridian tegak dan
> sabuk itu berlapis-lapis katanya, ada merdian untuk kesehatan ada untuk bela
> diri ada untuk kemampuan gaib. Buat saya yg nggak mampu lihat hal seperti itu
> [...]

Kirim email ke