Seperti biasa, TAP, anda tidak bisa membedakan antara diskusi dan nyemprot.
Dari awal diajak diskusi baik-baik, sampai diomelin dan ditunjuk-tunjuk,
belaga bego, sekarang kepepet baru mau membalas, itupun membalas
asal-asalan. Melihat gaya anda yang sok bego, biarlah saya yang sok pinter
ini menggurui sedikit.

Setiap tindakan dinas itu selalu harus didahului dengan Dasar Pemikiran,
barulah disusul dengan Mengingat, Menimbang dan Berdasarkan Rekomendasi
(bila ada) lantas mengambil Keputusan yang kemudian diimplementasikan dalam
Tindakan

Dari awal sekali, yang dipertanyakan dan tidak pernah dijelaskan oleh anda
adalah Dasar Pemikiran anda melakukan hal-hal berikut, yang mana kesemuanya
anda langsung terjun pada Keputusan dan selalu membela Keputusan itu dengan
menggunakan Keputusan itu sendiri.

Oleh sebab itu, anda seharusnya menjelaskan Dasar Pemikiran mengapa anda
berKeputusan mendorong APJII untuk mengambil alih pengelolaan .ID? Alasan
finansial hanya masuk kategori Menimbang, sementara Munas APJII adalah
Keputusan. Jangan menggunakan jawaban typical "demi transformasi" nya Emil,
karena itu berarti jawabannya sama dengan "karena gue mau"

Saya berikan satu contoh agar anda mengerti seperti apa yang dimaksud Dasar
Pemikiran.

Pada Bulan Desember tahun 2003, anda tidak dapat dihubungi sama sekali, dan
Nelson Sanchez membuat milis untuk mengumumkan bahwa Indonesian Chapter akan
di bubarkan kalau tidak ada yang merespon. Waktu itu pak Budi Rahardjo lah
yang menyelamatkan anda dengan mati-matian berusaha menghubungi anda via
telepon. Selanjutnya, dalam pemberitahuannya, Nelson Sanchez memberitahukan
bahwa milis yang dia buat hanya untuk keperluan pengecekan keaktifan chapter
dan selanjutnya tidak dimaintain lagi. Atas dasar pemikiran bahwa pada saat
itu Indonesia chapter sama sekali tidak memiliki milis, dan milis dari ISOC
pusat tidak dapat dipakai untuk seterusnya, maka saya memutuskan untuk
membuat milis di yahoogroups.
Beberapa bulan kemudian, mulai muncul pesan test-test yang berkepanjangan
dari milis yang anda buat di mesin anda, kemudian anda menyarankan bahwa
komunikasi dipindahkan ke milis itu, dan saya menyetujui untuk melakukan uji
coba terlebih dahulu. Ternyata dalam uji coba, anggota baru banyak yang
tidak terdaftar di milis tersebut, dan milisnya sering bounce. Atas dasar
pemikiran bahwa milis tersebut tidak berfungsi dengan baik, dan
pengelolaannya tidak transparan, maka saya menolak memindahkan komunikasi ke
milis anda.

Mudah-mudahan anda dapat memahami sedikit pengajaran dari saya dan dapat
memberikan penjelasan yang layak baca mengenai Dasar Pemikiran anda
mendorong APJII mengambil alih pengelolaan ccTLD .id

salam dari orang yang sok pinter,

Irwan Effendi