---------- Forwarded message ----------
From: donnybu <[EMAIL PROTECTED]>
Date: Oct 23, 2005 2:46 PM
Subject: [technomedia] Re: mempertanyakan independensi media dan ICTwatch?
To: [EMAIL PROTECTED]

Tulisan sdr Rapin yang dimuat di detikinet terkait dengan
masalah .ID adalah atas nama pribadi, bukan mengatas-namakan ICT
Watch. Termasuk tulisan pendiri/pengurus ICT Watch lainnya, juga
atas nama pribadi.

Khusus untuk tulisan sdr Rapin, memang ada kealpaan yang tidak
disengaja untuk mencantumkan 'disclaimer' bahwa tulisan tersebut
adalah merupakan pendapat pribadi, bukan pendapat institusi.
Kealpaan tersebut kini sudah diperbaiki.

Kemudian selanjutnya, kami yakin bahwa independensi bukanlah suatu
bentuk pengekangan atas penentuan sikap. Independensi yang kami anut
adalah tentang bagaimana kami (ICT Watch) dapat menentukan/mengambil
sikap secara 'independen', tanpa pengaruh apapun/siapapun.

Bersikap netral ataupun memiliki keberpihakan, tak secara otomatis
menentukan tingkat independensi seseorang atau suatu institusi.
Bersikap netral pun sejatinya bisa saja karena dipengaruhi /
terpengaruh oleh sesuatu, sehingga sikap netral tersebut cenderung
menjadi tidak independen.

Jadi, Insya Allah sampai saat ini ICT Watch sebagai suatu institusi,
tetap independen dalam bersikap dan mengambil sikap.

Mudah-mudahan dapat menjelaskan dan menenangkan kegusaran yang
ditimbulkan :)

nb:
mohon maaf, saya tidak berlangganan milis CC-TLD. sepengetahuan
saya, e-mail yang mempertanyakan tentang independensi ICT Watch juga
di cc-kan ke milis tersebut. untuk itu saya mohon kiranya kepada
rekan2 yang berlangganan milis CC-TLD untuk dapat membantu
memforwardkan e-mail saya ini ke milis tersebut. terimakasih.

-dbu-

--- In [EMAIL PROTECTED], Budi Rahardjo <[EMAIL PROTECTED]>
wrote:

>    2. Yang kedua, dalam tulisan tersebut dikatakan bahwa Rapin
>    merupakan pendiri dan pengurus ICTwatch. Di artikel tersebut
tidak
>    dituliskan bahwa Rapin adalah kuasa hukum APJII dalam kasus
>    sengketa domain. Saya sedih karena berarti ICTwatch sudah
>    mengambil sisi (take side). Seharusnya ICTwatch adalah sebuah
>    lembaga yang independen. Saya pun tidak ingin ICTwatch mengambil
>    sisi saya, karena itu berarti ICTwatch mengambil sisi juga.
Hilang
>    sudah kepercayaan saya terhadap independensi ICTwatch.
>

> Ah, saya harus bisa menerima kehilangan kepercayaan ini.
> Teguhkan hati ...
>
> -- budi

Most low income households are not online. Help bridge the digital divide today!
http://us.click.yahoo.com/cd_AJB/QnQLAA/TtwFAA/gWFolB/TM