  [EQ]

  CHRISYE : SEBUAH MEMOAR MUSIKAL
  [Naga Legendaris INDONESIA]
  Oleh : Alberthiene Endah

  Bermimpilah,
  sebab harapan akan memberi hidup

  Berkaryalah,
  sebab seni akan memberi makna

  [Naga belajar . . . sampai menutup mata]

  67. Eksklusivitas, Sang Penjaga

  Di negeri dimana nasib seorang penyanyi begitu rentan untuk berubah mendadak,
tindakan aji mumpung menjadi hal yang jamak terjadi. ini bisa dimaklumi. Kita
tidak seperti di Barat sana, karena penyanyi yang bisa mencetak satu lagu hit
saja bisa kipas-kipas menunggu proyek album selanjutnya. Tak perlu heboh
hilir-mudik show di sana-sini, finansialnya sudah terjamin. Pemasaran yang
worldwide menjamin tingkat penjualan yang tinggi.

  Di Indonesia, sukses album tidak cukup menjamin kesejahteraan si penyanyi.
Buat penyanyi rekaman seperti saya, ini adalah kondisi yang sulit. Saya harus
sangat berhemat menjaga hasil royalti agar bisa menjadi modal hidup sampai
proyek berikutnya.

  Tentu saja ada tawaran show yang datang. Seperti juga penyanyi lain, saya
akan menerima tawaran itu sepanjang cocok. Namun, sangat hati-hati dengan
tawaran yang mengancam ekslusivitas saya. Kita harus mengakui bahwa psikologi
penggemar sangat dipengaruhi oleh sensasi kerinduan. Jika mereka terlalu sering
melihat bintang idola, perlahan cahaya penyanyi akan pudar. Ini jangan
diremehkan karena respon penggemar adalah tonggak yang menentukan sukses
seorang penyanyi komersial.

  Eklusivitas adalah sang penjaga yang melindungi kebintangan seorang penyanyi.

  Saya sendiri pernah ditawari untuk tampil dalam live show mingguan di TV
swasta. Tampil setiap minggu, satu jam lamanya? Wow! Honornya menggiurkan
sekali. Tetapi kemudian saya berfikir panjang. Mau dikemanakan sisi eklusivitas
saya? Orang tidak akan lagi merindukan kehadiran dan suara saya. Performa saya
bisa menjadi tawar. Dengan berat hati saya menolak tawaran itu.

  Saya sangat menaruh hormat kepada penyanyi yang mampu menegakkan
eklusivitasnya walau sudah heboh tampil di sana sini dengan intensitas yang
tinggi. Mereka pasti memiliki magnet yang sangat luar biasa.

  [bersambung . . ]

  SONETA INDONESIA <www.soneta.org>

  Retno Kintoko Hp. 0818-942644
  Aminta Plaza Lt. 10
  Jl. TB. Simatupang Kav. 10, Jakarta Selatan
  Ph. 62 21-7511402-3

Looking for a deal? Find great prices on flights and hotels with Yahoo!
FareChase.

Kirim email ke