  [EQ]

  CHRISYE : SEBUAH MEMOAR MUSIKAL
  [Naga Legendaris INDONESIA]
  Oleh : Alberthiene Endah

  Bermimpilah,
  sebab harapan akan memberi hidup

  Berkaryalah,
  sebab seni akan memberi makna

  [Naga belajar . . . sampai menutup mata]

  68. Spiritualitas, Penuntun Saya

  Sekian puluh tahun menjalani profesi musikal, saya tak percaya bila pekerjaan
ini akan bergulir tenang tanpa pegangan. Saya melewati metamorfosa dalam proses
pendewasaan spiritual saya.

  Setelah menjadi seorang mualaf pada tahun 1982, proses pencarian saya terus
berjalan. Saya sempat menjadi seseorang yang tidak patuh dengan kewajiban
sholat lima waktu. Kemudian, waktu mengajarkan saya untuk melakukan kewajiban
ibadah walaupun saya belum merasakan sentuhan yang dalam di batin saya.

  Namun, satu hal yang saya syukuri adalah kegigihan saya untuk melakukan
pencarian. Saya terus belajar, berdiskusi dengan tokoh agama, dan melakukan
sharing dengan sahabat dan sanak saudara. Ternyata, proses kehidupan adalah
sekolah yang sangat efektif bagi manusia untuk memahami iman dan menghayatinya
dengan pasti. Peristiwa jatuh-bangun dalam kehidupan membuat saya mencengkeram
lebih kuat sesuatu yang setia menjaga saya. Tuhan.

  Tahun 90-an adalah masa-masa ketika penggodokan spiritualitas saya berjalan
begitu hebatnya. Setelah konser tunggal perdana, saya merasakan sebuah
keajaiban yang sungguh dahsyat. Saya seperti diangkat setinggi-tingginya oleh
Tuhan, sekaligus disadarkan bahwa saya adalah manusia yang sungguh kecil.
Justru di saat saya tengah disanjung dan dipuji, saya merasa tak berarti.
Betapa luar biasanya cara Tuhan mendidik saya.

  Di dekade 90-an itu, saya lebih banyak meluangkan waktu untuk mendalami
agama. Apalagi setelah saya bertemu tokoh agama terkenal dari Banjarmasin, K.H.
Zaini Gani. Dalam sebuah khotbah akbarnya di Banjarmasin, ia dengan spontan
menunjuk saya sebagai seseorang yang tengah digodok Tuhan. Kemudian saya juga
mengenal dan dekat dengan Habib Abubakar Assegaff.

  Segala proses pencarian saya pada kedalaman spiritual membuat saya makin
merunduk, menyadari bahwa tiada lain yang lebih penting dilakukan manusia di
dunia selain mempersiapkan diri menjadi manusia baik ketika hari akhir tiba.

  Buat saya, spiritualitas memberikan lebih dari sekadar memiliki agama karena
spiritualitas memberikan rasa aman, tenteram, dan jalan. Saya merasakan hidup
dan karier saya bergulir pada tujuan yang jelas berkat pendalaman spiritualitas
yang saya jalani.

  [bersambung . . .]

  SONETA INDONESIA <www.soneta.org>

  Retno Kintoko Hp. 0818-942644
  Aminta Plaza Lt. 10
  Jl. TB. Simatupang Kav. 10, Jakarta Selatan
  Ph. 62 21-7511402-3

Be a better Globetrotter. Get better travel answers from someone who knows.
Yahoo! Answers - Check it out.

Kirim email ke