  [EQ]

  CHRISYE : SEBUAH MEMOAR MUSIKAL
  [Naga Legendaris INDONESIA]
  Oleh : Alberthiene Endah

  Bermimpilah,
  sebab harapan akan memberi hidup

  Berkaryalah,
  sebab seni akan memberi makna

  [Naga belajar . . . sampai menutup mata]

  SUARA SAHABAT

  95. Emil Asman : “Dia Pribadi yang sangat bersahaja…”

  SEPERTI MIMPI RASANYA KETIKA SAYA BERTEMU LANGSUNG DENGAN PENYANYI IDOLA SAYA
DI TAHUN 2000.

  Saat itu saya menemuinya sebagai penggemar. Saya heran, dengan kebesaran
namanya dan produktivitasnya yang tinggi, Chrisye tidak memiliki apa yang
dinamakan sebagai Fans Club. Bahkan, penggemarnya juga tidak bisa menemukan
jalan untuk bisa mendapatkan berbagai kabar terbaru mengenai kiprah Chrisye.

  Ketika pertama kali berkenalan dengannya, saya langsung menanyakan hal itu.
Dengan polos Chrisye menjawab, “Surat penggemar saja nggak ada yang bantu
mengurus balasannya. Wah!

  Bukannya sombong atau malas, tapi Chrisye memang tidak melihat dirinya
sebagai artis atau penyanyi kondang, sehingga dia tidak menyadari bahwa hal-hal
semacam itu sebenarnya perlu. Saya lalu menawarkan diri untuk mengurus tetek
bengek urusan fans karena saya benar-benar mengidolakannya. Jadilah, terhitung
tahun 2001 saya menjadi asisten Chrisye. Saya mengurus semua hal yang berkaitan
dengan publisitas Chrisye, di luar perusahaan rekamannya. Seperti mengelola
web, mengurus fan club, termasuk membalas surat-surat yang masuk, mengumpulkan
berbagai pemberitaan tentang dia, dan mendokumentasikan berbagai kegiatan
Chrisye. Belakangan, Chrisye menyadari, sambutan dan respons penggemar terhadap
kiprahnya ternyata lebih terbaca. Ia menjadi lebih mudah mengenali keinginan
penggemarnya.

  Lama-lama, ia mulai mengajak saya dalam setiap show. Saya bahkan diminta
mengurus surat-surat kontrak. Di awalnya saya benar-benar kelabakan. Tahu apa
saya masalah kontrak dan showbiz? Tapi itulah yang terjadi, kepercayaan Chrisye
membuat saya menjadi cepat belajar. Dan tahu-tahu, saya sudah menjadi manajer
Chrisye.

  Jelas, bila saya kembali ke masa-masa di awal tahun 2000 ketika saya menjadi
penggemar beratnya, apa yang terjadi pada saya saat ini sungguh di luar dugaan.
Sosok hebat ini bisa memberi kepercayaan yang luar biasa pada saya.
  Selama menjadi manajernya, Chrisye menunjukkan kematangan sekaligus kearifan
yang mengagumkan. Dulu saya berpikir bahwa setiap artis atau penyanyi, tentu
akan menyambut job-job bernilai besar. Tapi, itu tidak terjadi pada Chrisye.
Setiap kali ada job datang, yang pertama kali ia pertimbangkan adalah dampaknya
terhadap kariernya. Bukan masalah bayarannya. Tak sekali dua kali, Chrisye
menolak job-job bernilai kontrak besar, tapi ia anggap akan membunuh kariernya.

  “Saya menjadi seperti sekarang karena perjuangan puluhan tahun,” katanya pada
saya. “Tidak mungkin saya akan menghancurkannya karena uang.”
  Demikian berprinsipnya Chrisye mendidik dirinya sendiri. Di luar panggung,
Chrisye bersikap sangat low profile pada saya, keluarga, dan teman-teman nya.
Dia menjalani hidup lurus-lurus saja, sama sekali tidak neko-neko. Kadang malah
saya yang cerewet mengingatkan, “Mas Chrisye tuh artis besar jadi harus begini,
begini, dan begitu. Dia hanya tertawa.

  Dalam menghadapi pers, Chrisye pun selalu wanti-wanti pada saya. Ia hanya
bersedia menerima wawancara yang mengulas karyanya, bukan kehidupan pribadi. Ia
sama sekali bukan artis yang menyukai sensasi. Chrisye sangat memikirkan
psikologi keluarganya. Ia tak mau anak-anaknya memiliki beban sedikit pun
terhadap apa yang dijalaninya. “Saya hanya mencari nafkah untuk keluarga.
Anak-anak jangan sampai tertekan karena ayahnya artis,” katanya.
  Kalau dipikir-pikir, menjadi manajer Chrisye, sebetulnya tak beda dengan
mengelola orang biasa yang luar biasa!

  [bersambung . . .]

  ERDcraft INDONESIA

  SONETA INDONESIA <www.soneta.org>

  Retno Kintoko Hp. 0818-942644
  Aminta Plaza Lt. 10
  Jl. TB. Simatupang Kav. 10, Jakarta Selatan
  Ph. 62 21-7511402-3

Never miss a thing.   Make Yahoo your homepage.

Kirim email ke