alternatif kasus Ryan: Dorongan Membunuh, Rasa Keadilan dan Perhitungan Manfaat
e-link diskusi: http://groups.yahoo.com/group/Komunikasi_Empati/message/3870

Dorongan Membunuh, Rasa Keadilan dan Perhitungan Manfaat
-alternatif pembahasan kasus Ryan / Verry Idam Henyansyah-

Ditulis oleh: Vincent Liong / Liong Vincent Christian
Tempat, Hari & Tanggal: Jakarta, Senin, 11 Agustus 2008

Ketika lahir, seekor singa memiliki dorongan untuk tumbuh dan memperjuangkan
kelangsungan hidupnya (eros), untuk bisa tetap hidup ia perlu membunuh hewan
lain (pathos), kegiatan membunuh memiliki konsenkwensi dirinya tetap hidup
karena masih tercukupi kebutuhan makanannya dengan memakan daging hewan
tersebut, hewan lain mengalami kematian (tanatos) dan pada akhir hidupnya
seekor singa tesebut pun akan mengalami kematian. Tiap dorongan baik eros,
pathos maupun tanatos memiliki klimaks orgasmenya sendiri-sendiri seperti
kenikmatan dalam hubungan seksual.

Sebagai makhluk hidup pemakan segala; pemakan daging dan tumbuh-tumbuhan
manusia juga turut mewarisi insting yang dimiliki oleh hewan pemakan daging.
Jadi ada tiga macam dorongan yang sifatnya tidak disadari, yang mempengaruhi
segala tindakan yang dilakukan manusia, yaitu: Eros(dorongan untuk hidup),
Pathos(dorongan untuk membunuh) dan Tanatos(dorongan untuk mati).

Di zaman ini banyak sekali penelitian mengenai ranah eros pada manusia, tetapi
penelitian tentang pathos dan tanatos sangat jarang, karena meneliti dan
membahas dorongan membunuh dan dorongan kematian dianggap kejam, tidak
manusiawi dan tidak beradab.

Banyak usaha dilakukan untuk mengabaikan, meniadakan dan menekan dorongan
membunuh dan dorongan kematian ini, misalnya dengan pendidikan agama dan nilai
moral tentang apa yang baik dan tidak baik untuk dilakukan. Dalam pendidikan
ini diasumsikan bahwa manusia pada dasarnya adalah baik, dan memiliki derajat
yang lebih tinggi daripada binatang, sehingga diharapkan dapat meniadakan
prilaku kebinatangan tersebut. Permasalahannya: Apakah dorongan naluriah
tersebut bisa diabaikan atau ditiadakan? Atau yang terjadi adalah dorongan
naluriah tersebut hanya ditekan saja?

Bilamana dorongan membunuh dan dorongan kematian tersebut hanya dapat ditekan,
tidak dapat dihilangkan atau ditiadakan; maka ada resiko bila tumpukan dorongan
yang ditahan tersebut telah mencapai tingkat tertentu, maka seperti ember yang
terus-menerus diisi air lama-lama akan luber tidak terkontrol.

Orang gila adalah orang yang tidak menyadari kegilaannya, sehingga kegilaan
tersebut dapat muncul tiba-tiba dengan tidak terkontrol; Kalau seseorang telah
mampu menyadari kegilaan-kegilaan yang dimilikinya, maka tentunya orang
tersebut tidak akan kelepasan melampiaskan kegilaannya di tempat yang tidak
semestinya. Pada tempat-tempat tertentu suatu kegilaan bisa dilampiaskan tanpa
merugikan pihak lain di luar diri kita. Dan pada tempat yang lain pelampiasan
kegilaan dapat merugikan pihak lain, yang menimbulkan konsekwensi; orang lain
tersebut merespon dengan membalas merugikan diri kita.

“Kesadaran” itu; Seperti tuntutan akan keadilan yang selalu terbatasi oleh
perhitungan manfaat (untung-rugi); Seperti kebebasan yang semakin bebas maka
tuntutan tanggungjawab juga semakin besar; Seperti manusia membuat
sistem-sistem untuk menguntungkan dirinya, pada akhirnya diperbudak oleh
sisitem-sistem yang diciptakannya sendiri.

Ketika saya memiliki suatu dendam, karena di masa lalu seseorang pernah
merugikan saya, bahkan sampai mengancam keselamatan nyawa anggota keluarga
saya. Dalam hati tentunya saya ingin membalas dendam untuk menuntut keadilan.
Bila saya tidak memiliki kesadaran, tentunya saya saat ini telah melakukan
pembalasan dendam karena saya memiliki kemampuan untuk melakukannya. Tetapi
nyatanya, sampai hari ini saya belum melakukan pembalasan dendam. Mengapa saya
belum melakukan pembalasan dendam?! Kata Kong Hu Cu; “Manusia melakukan apa
yang menguntungkan dirinya.”

Pembalasan dendam belum tentu menguntungkan diri saya. Memang, kalau saya
membalas dendam maka ada perasaan puas yang saya dapatkan, karena saya merasa
telah mendapatkan keadilan. Tetapi konsekwensinya, saya bisa saja mendapatkan
hukuman baik secara fisik (dipenjara), materi (waktu, pikiran dan tenaga
terbuang ke semangat membalas dendam dan melupakan urusan yang lain), maupun
moril (bisa terjadi balas berbalas dendam tidak berujung).

Kalau saya tidak membalas dendam, maka konsekwensinya perasaan puas karena
keinginan mendapatkan keadilan tidak terpenuhi.

Atau ada cara lain agar perasaan keadilan tetap terpenuhi dan pembalasan dendam
tidak perlu dilakukan? Caranya adalah dengan mengkondisikan situasi, agar musuh
saya (orang yang pernah merugikan saya tersebut) terpancing untuk terus
berusaha mencari kebenaran dan keadilan bagi dirinya, tanpa memperhitungkan
perhitungan manfaat (untung-rugi) dalam hubungannya dengan pihak lain, termasuk
diri saya. Akibatnya orang tersebut akan merugikan pihak lain (bukan saja diri
saya), sehingga pihak lain-lah yang akan menuntut keadilan dengan membalas
kejahatan orang tersebut.

Dorongan mengadili pihak lain berkonsekwensi diadili pihak lain. Seperti Iblis
yang sebelum berkhianat kepada Allah Yang Esa adalah malaikatnya yang setia,
pada akhirnya berkhianat karena ke-angkuhan-nya untuk merasa berkemampuan
mengerti kebijaksanaan Allah Yang Esa, yang memacu dirinya berusaha menegakkan
keadilan yang adalah kebijaksanaan Allah Yang Esa.

Kesadaran akan membunuh dan mati dibunuh, mengadili dan diadili, kebebasan dan
tanggungjawab didapatkan ketika seseorang menyadari pengalaman dari dua peran
yang berbeda, satu peran terhadap peran yang lain. Banyak pemerintahan memiliki
caranya masing-masing dalam menanggulangi dorongan membunuh dan dorongan
kematian ini, misalnya dengan pertunjukan gladiator dan berbagai jenis eksekusi
mati di depan khalayak umum yang telah terjadi dalam sejarah peradaban manusia;
telah terbukti secara signifikan menurunkan tingkat kriminalitas. Menyadari
membunuh orang lain dan menyadari dibunuh orang lain ketika berempati menonton
pertunjukan gladiator dan eksekusi mati di depan publik; menteror masyarakat
dengan pemenuhan kebutuhan dorongan membunuh dan dorongan kematian, sehingga
maksyarakat memiliki kesadaran akan rasa keadilan yang selalu berhadapan dengan
perhitungan manfaat.

Masing-masing negara yang tidak memiliki pertunjukan gladiator dan berbagai
jenis eksekusi mati di depan khalayak umum seperti Indonesia, memiliki cara
berbeda dalam melampiaskan dorongan membunuh dan dorongan kematian; misalnya
dengan semangat mendukung kesebelasan sepakbola yang disukai, baik di
pertandingan di dalam dan luar negeri (semangat menang dan semangat kalah).

Tetapi sayangnya tetap saja ada yang tidak tersadarkan oleh semangat nonton
sepakbola dan sejenisnya, sehingga akhirnya memilih untuk melampiaskannya,
dengan cara yang tidak disadari konsekwensi perhitungan manfaat
(untung-ruginya); misalnya yang baru-baru ini terjadi yaitu tindak kejahatan
Verry Idam Henyansyah alias Ryan yang membunuh dan memotong-motong korbannya.

[...]

Ttd,
Vincent Liong / Liong Vincent Christian
founder of Kompatiologi
Jakarta, Senin, 11 Agustus 2008

Download for Free (tidak perlu membership) Update Terbaru
E-Book “Kompatiologi : Logika Komunikasi Empati”
e-link:  http://antonwid.gilaupload.com
* file PDF:  http://antonwid.gilaupload.com/Kompati_LKE.pdf
* file Ms.Word:  http://antonwid.gilaupload.com/Kompati_LKE.rtf
File PDF dan RTF(Ms.Word) bebas virus sehingga aman untuk didownload.