Mba Vonny, apa kabar ?
Ikut kasih warna yah,..

Salut to Syareat

By Pram SPambudi

Menegakan syareat , mengandung pengertian evolusi diri dari tiada
menjadi ada dan kembali tiada.

Syareat , jelas dibangun berdasarkan kajian-kajian pembangunan mental
manusia pada jamannya, juga kalau saya amati juga masih berlaku pada
jaman sekarang.

Syareat Islam, bukan dibentuk untuk menjadi sebuah ideology apalagi
sebuah persembahan, bukan sama sekali. Jika kata "menegakan syareat
Islam" masih dipahami sebagai ideology yang bulat, terkotak,
dijadikan sebuah Upeti, maka disinilah telah terjadi
"penghianatan" terhadap  syareat itu sendiri.

"Menegakan Syareat " adalah upaya manusia untuk menjalankan
pesan-pesan yang terkandung didalam runtutan syareat nya itu sendiri.
Setelahnya,..? ya tinggalkan dan masuk kedalam spiritual yang utuh.

Manusia berspiritual sudah pasti manusia bersyareat, karena memang lahir
dan terbentuk dari sana, disadari atau tidak, berspiritual adalah
menciptakan agama baru untuk dirinya. Menciptakan syareat baru untuk
dirinya.  Tapi bersyareat belum tentu kita berspiritual.

Spiritual akan ketemu jika dan hanya jika kita sudah masuk kedalam
Hakekat dari syareat itu sendiri.

Agama sesungguhnya hanyalah sebuah jalan dimana kanan dan kirinya
dipagari dengan aturan-aturan main yang begitu njelimet dan ketat. Lalu,
kemana sebenarnya manusia ini akan digiring ? tentu agar kita terbentuk
menjadi manusia berspiritual. Pagar kanan dan kiri itulah yang dinamakan
syareat.

Syareat akan menjadi sebuah piala, bendera, yang akan dibela mati-matian
jika dari awal kita sudah teracuni pola berfikirnya, hingga tidak lagi
mampu berfikir tentang hakekat dari pagar kanan dan kirinya.

Agar mudah dimengerti dan diikuti oleh manusia-manusia yang rusak
mentalnya, ambrul adul gaya hidupnya, tidak peduli dengan lingkungannya,
maka syareat perlu ada UJUDnya. Ujud dari syareat lalu dikemas menjadi
beberapa aturan baru yang juga dikemas dengan sebuah bentuk apa yang
disebut dengan RITUAL.

Didalam ritual-ritual inilah pesan-pesan "jalan hidup" dimuati.
Muatan-muatan jalan hidup ini terselubung sangat rapih, dan memang
diatur sedemikian rupa agar manusia yang rusak itu tadi mau
"menelan" ritual nya terlebih dahulu sebelum masuk kedalam
esiensi ritual itu sendiri. Maka syaratlah dengan iming-iming syurga dan
pahala dan lalu ditakut-takuti dengan neraka dan dosa, yang juga masih
bersandar kepada aturan-aturan syareatnya. Maka,.. "pil" pahit
yang namanya ritual bisa tertelan dan akhirnya menjadikan sebuah
"candu" yang jika tidak ditelan sesuai aturannya, terasa ada
yang kurang dalam hidup nya. Ini adalah tahapan paling awal manusia MAU
diajak berproses.

Sampai titik ini, manusia belum berevolusi mentalnya, pesan agama masih
belum sampai. Saat manusia mulai berfikir untuk MEMBEDAH isi ritualnya,
maka bertemulah Hakekat dari setiap jengkal ritual yang telah ia lakukan
selama tahunan mungkin. Hakekat dari sebuah ritual sesungguhnya syarat
muatan-muatan perilaku, muatan budhipekerti. Jika didalam membedah
hakekat ritual tidak menemukan proses evolusi mental manusia, jelas
sebuah pembentukan ritual yang gagal.

Sampai tahapan ini, barulah ketemu dengan apa yang sering kita dengar,
yaitu ILMU AGAMA. Pun hanya sebatas ilmu saja, jika ilmu ini pun
disimpan diotak saja, maka ilmu agama ini menjadikan sebuah teksbook
yang tidak merubah apapun dari diri kita. Lain jika ilmu ini diupayakan
untuk diproses dalam laku hidup, maka inilah yang disebut sebagai
manusia BERAGAMA atau manusia BERSPIRITUAL.

Maka, Ilmu Agama bukanlah apa yang sering dipelajari saat kecil, yaitu
dengan mengenal huruf arab, latihan membaca huruf arab / alquran, hafal
alquran, hafal hadist, hafal sejarah agama, termasuk menjalankan
ritual-ritual itu, bukanlah Ilmu Agama. Itu semua hanya persyaratan awal
sekali kita mau masuk mempelajari ALAT-ALAT atau tools nya saja, dimana
tools nya BELUM kita gunakan semestinya.

Jika sampai sini saja lalu kita lebih suka memegang tools nya saja,
tanpa tau bagaimana cara menggunakannya, yah,.. hanya itu yang didapat.
Cangkulnya di usap-usap terus sampai mengkilap, sawahnya gak pernah
digarap,.. lha gak tau caranya,.. salahe dewe,.. yo gak pernah panen,..

--- In CIKEAS@yahoogroups.com, vonny vitawati <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Disini yang salah adalah haq-nya itu sendiri, seharusnya TIDAK BERHAQ
<<---- heheheheheh

Kirim email ke