http://nasional.kompas.com/read/xml/2009/05/29/23023198/jk.tak.takut.kalah.populer.dengan.wiranto.

JK Tak Takut Kalah Populer dengan Wiranto

DHONI SETIAWAN
/
Artikel Terkait:
  a.. Khofifah Sapa JK sebagai Presiden
  b.. JK: Tak Ada Lomba untuk Lambat
  c.. JK: "Lebih Cepat Lebih Baik" Bukan Kampanye
  d.. Sayap Partai Pendukung SBY-Boediono Beralih ke JK-Win
  e.. 6 Juta Orang Minang Rantau Siap Dukung JK-Win

 Jumat, 29 Mei 2009 | 23:02 WIB
Laporan wartawan KOMPAS Suhartono

JAKARTA, KOMPAS.com - Jika terpilih menjadi Presiden RI, Jusuf  Kalla  mengaku
takkan gusar dan takut kehilangan popularitas ketimbang wakil presidennya yang
bakal memiliki popularitas tersendiri karena peran yang dilakukannya.

JK akan tetap terus memberikan kesempatan kepada wapres-nya untuk terus
menjalankan tugasnya berdasarkan pembagian tugas yang telah disepakati bersama.

Kalla juga mengaku tidak takut akan terjadi pecah koalisi dengan Wiranto akibat
popularitas Wapresnya tersebut, mengingat dirinya tetap memiliki sikap yang
tulus untuk memberikan peranan tugas dan tanggung jawab yang proporsional.

Hal itu disampaikan Kalla saat bersama Wiranto melakukan Dialog 1000 Pelaku
Usaha Bersama JK Wiranto di Jakarta, Jumat (29/5) malam.

Acara yang dipandu oleh Rosiana Silalahi itu, dihadiri oleh sejumlah pengusaha
dari berbagai kalangan aso siasi. Hadir di antaranya mantan Menko Perekonomian
di era Presiden Megawati Soekarnoputri Kwik Kian Gie, Ketua Umum Asoasisi
Pengusaha Indonesia (API) Sofyan Wanandi, Rachmat Gobel.

Para pengusaha yang hadir menggunakan pin dengan foto JK Wiranto. Para penanya
yang begitu bersemangat mengajukan pertanyaan, seluruhnya mendukung pasangan JK
Wiranto.

"Itu, namanya tidak ikhlas (memberikan peranan kepada Wapres) kalau takut dia
lebih populer," tandas Kalla.

Saat ditanya apakah ia tidak takut pecah kongsi bilamana Wiranto nantinya lebih
populer dibandingkan dirinya, Kalla menjawab, "Saya bukan orang seperti itu.
Sebaliknya, Kalla malah menyatakan Wiranto tidak akan mengambil peranan yang
tidak ia kuasai."

Adapun Wiranto secara bercanda mengatakan, "Saya akan mengambil alih tugas
Presiden kalau Presiden badannya pegal-pegal."

Sebagai Presiden, lanjut Kalla, ia akan memecat jika ada direktur bank
pemerintah yang tidak mau memberikan kredit kepada sektor usaha kecil dan
menengah.

"Waktu saya Wapres, saya bisa marah-marah kepada dir ektur bank. Akan tetapi,
kalau saya nanti menjadi Presiden, saya akan memecat jika dia tidak mau kasih
kredit," lanjutnya.

<<1639319p.jpg>>