Memang suatu pernyataan yang kelihatannya aneh jika kita sebagai orang percaya
ternyata bisa kehilangan Tuhan Yesus Kristus. Mungkin banyak diantara kita akan
mengatakan mana mungkin..kan saya sudah sering baca Alkitab atau saya rajin
berdoa atau saya kan aktif dalam pelayanan..dan sebagainya... Tapi ternyata
kita bisa kehilangan Dia walau kita mengaku dekat dan kenal sama Tuhan Yesus
Kristus.

Sabtu pagi kemarin saat saya diminta untuk share Firman Tuhan, sebenarnya saya
sudah persiapkan tema lain sampai akhirnya sebuah kalimat muncul dalam pikiran
saya.." Kita bisa kehilangan Tuhan YESUS KRISTUS", sesaat saya tidak terlalu
memperhatikan sampai akhirnya Roh Kudus memberikan penjelasan dengan cepat dan
tepat tentang 3 hal yang dapat membuat " Kita bisa kehilangan Dia.."

1.Hal yang pertama : Ketidakpercayaan.

Tuhan ingatkan saya tentang apa yang terjadi di jaman Nuh saat ia membuat
bahtera (Kejadian 6:13-16),di ayat-ayat ini secara jelas Tuhan sampaikan secara
detil dari bahan / materi apa bahtera itu harus dibangun..Saya percaya bahwa
Nuh paling tidak dibantu oleh orang sekitarnya untuk membangun bahtera, walau
mungkin itu dilakukan dengan cara mengupah mereka/ digaji atau juga ada bahan/
materi yang harus dibarter oleh Nuh untuk mendapatkannya dari orang
sekitarnya..dengan kata lain orang-orang ini turut berperan dalam membuat
sebuah bahtera yang akan dipakai sebagai alat KESELAMATAN dari TUHAN pada masa
Banjir Besar, tetapi Alkitab mencatat bahwa hanya 8 orang yang masuk
bahtera/diselamatkan..kemana semua orang yang terlibat dalam pembangunan
bahtera..??
Bukankah mereka juga ikut mati tenggelam..?? Di point inilah tadi Tuhan
ingatkan bahwa kita bisa saja berjasa dalam pelayanan atau turut serta dalam
pembangunan Gereja secara fisik atau mungkin menjadi penyumbang tetap bagi
sebuah pelayanan tetapi kita tidak bisa masuk dalam KESELAMATANNYA..Karena
apa..? Karena sikap KETIDAK-PERCAYAAN kita terhadap Dia.

Orang-orang yang terlibat pembangunan bahtera pasti seringkali diberi tahu
tentang PENGHAKIMAN TUHAN dan KESELAMATAN oleh Nuh ( 2 Petrus 2 ayat 5 katakan
Nuh sebagai pemberita kebenaran) tetapi nyatanya mereka TIDAK PERCAYA akan apa
yang disampaikan oleh Nuh. Sikap Tidak Percaya ini bisa saja timbul secara
mendadak dalam hati kita saat kita menghadapi masalah yang sulit yang hadir
secara mendadak dan langsung menghimpit kita.
Contoh: Reaksi murid-murid waktu menghadapi Angin ribut (Markus 4:37-40) .Pesan
saya adalah supaya kita " JANGAN MENJADI ORANG PERCAYA YANG TIDAK MEMPERCAYAI
TUHAN YESUS KRISTUS sebagai JURU SELAMAT PRIBADI KITA SENDIRI"

2. Hal Kedua : Rutinitas.

Saya kaget juga waktu Tuhan ingatkan hal yang kedua ini dengan contoh wanita
pendarahan yang disembuhkanNya..Dari begitu banyaknya orang atau Murid-murid
Yesus (Bahkan Tim IntiNya :Petrus,Yohanes,Yakobus ) ikut serta dalam pelayan
Tuhan Yesus Kristus, dan  bahkan Alkitab katakan banyak orang berdesakan
mengikuti Dia( Lukas 8: 42-44) saat itu tidak ada satupun yang mengalami
PERTOLONGAN TUHAN selain wanita pendarahan ini...memang karena iman wanita ini,
dia mendapatkan kesembuhannya tetapi kenapa saat itu tidak ada satupun iman
dari murid Yesus atau orang-orang yang berdesakan ikut Yesus itu menghasilkan
sesuatu..? Bukan lain itu dikarenakan mereka YANG MENGAKU MURID YESUS,MENGENAL
DIA PUNYA HUBUNGAN DEKAT DENGAN DIA melakukan pengiringan mereka kepada Yesus
karena sebuah RUTINITAS..!!! Berbeda dengan wanita ini dia datang dalam sebuah
PENGHARAPAN akan kesembuhannya yang membuat ia nekat mendesak maju untuk
mendapatkan Mujizatnya.
Jangan biarkan Hidup Keagamaanmu, Ibadahmu, pelayananmu dan semua yang kau
lakukan dalam hidupmu bersama Tuhan Yesus Kristus masuk dalam sebuah RUTINITAS
KEAGAMAAN!! Percayalah cepat atau lambat kita bisa "KEHILANGAN DIA..tak ada
satupun yang kita lakukan bagi dan bersama Tuhan akan menghasilkan sesuatu jika
karena RUTINITAS..
Tuhan ingatkan saya di bukit doa di Ungaran 30 Desember lalu, bahwa untuk
menjaga TERANG kita TERANG TERUS kita harus mencintai DIa dalam gelora cinta
yang terus menerus..dan bukan karena RUTINITAS YANG KAKU..

3. Hal ketiga : Melihat kepada masa yang lalu.

Hal terakhir yang dapat membuat kita bisa "KEHILANGAN DIA" adalah waktu kita
melihat bahkan bangga dengan apa yang kita kerjakan di masa lalu. Tuhan
ingatkan tentang Matius 7:22-23 dimana ada orang-orang bahkan mungkin
hamba-hamba Tuhan yang mengingatkan Dia tentang apa yang telah mereka perbuat
bagi Tuhan dimasa lalu..( Karena di terjemahan Inggrisnya ayat 22 itu memakai
kalimat Past Tense/ Masa Lampau) dan kita lihat apa yang dikatakan Tuhan Yesus
Kristus kepada mereka : Bahwa Yesus tidak pernah mengenal mereka..!! Manusia
bisa saja bersalah tapi langsung datang kepada Dia untuk pengampunan
dosa..orang-orang di ayat-ayat ini adalah mereka yang tidak menjaga hidupnya
Benar setiap hari..dan merasa bangga bahwa mereka telah berjasa untuk Tuhan
Yesus Kristus.

Masa lalu kita hanyalah sebuah sejarah saja, jika kita pernah sukses, berhasil
dalam membuat sesuatu ataupun pelayananmu berhasil tetapi itu hanyalah sebuah
sejarah...jika kita tidak menjaga hidup kita selalu Kudus, Bersih,Taat, Benar
setiap hari..kita bisa ditolak olehNya..!! Atau mungkin kita masih mengingat
masa lalu kita yang suram, buruk dsbnya..Jangan lihat lagi kebelakang/ masa
lalumu!! Jika kamu sudah diselamatkan, Alkitab katakan bahwa kita adalah
Ciptaan yang baru yang lama sudah berlalu..Lihat ke depanmu bersama Tuhan Yesus
Kristus. Dan jangan pernah bangga dengan masa lalumu, hidupi masa kinimu
bersama Dia...jangan batasi Tuhan dengan kesuksesan masa lalu kita, saat inipun
Dia mampu dan mau memberikan kepada kita hal-hal yang baru, kreatifitas yang
baru...karena Dia Tuhan segala jaman dan waktu...

Mari kita inginkan Dia lebih lagi di tahun yang luar biasa ini..dengan gelora
cinta yang selalu baru kepada Dia..Tuhan dan Raja kita..

By His Grace for me

Dikirim ulang dan diedit oleh FOR HIM KOREA

DO NOT BE OVERCOME BY EVIL, BUT OVERCOME EVIL WITH GOOD
(ROMANS 12:21)

JANGANLAH KAMU KALAH TERHADAP KEJAHATAN, TETAPI KALAHKANLAH KEJAHATAN DENGAN
KEBAIKAN !
(ROMA 12:21)

FirmanMU itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku. Aku telah bersumpah
dan aku akan menepatinya, untuk berpegang pada hukum hukumMU yang adil (Mazmur
119:105 -106)

Your word is a lamp to my feet and a light for my path. I have taken an oath
and confirmed it, that I will follow your righteous laws (Psalm 119: 105 - 106)

Kirim email ke