salam kenal
  maaf say.. aku ini perempuan..
  -helma rambe-

seteurde_naet <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

Prinsipnya aku sangat setuju dgn mas Sky Rambe dan mas
Fauzi Ahmad. Hendaknya milis ini jgn jadi ajang
perdebatan ttng agama.

Tapi, di sisi lain, klo aku amati, kita dah sangat
sering jadi kaya' gini. Tiba2 belok ke masalah agama.
Seingerku misalnya waktu Aa Gym nikah lagi, Fatwa
Sesat MUI, Penyerangan Ahmadiyah, Peledakan bom.

So, tanpa bermaksud menggurui, aku sharingkan beberapa
pemahamanku berikut:

*********************
Dgn latar belakang Kristen=>

Yesus pernah bersabda:"Berbahagialah orang yang
membawa damai karena mereka akan disebut sebagai Anak
Allah"

So, bagiku; siapapun di antara temen2 yg berusaha agar
Indonesia dan Bumi ini tetep damai, dia adalah Anak
Allah. Apapun tradisi km, entah Islam Suni, Islam
Syiah, Kristen Katolik Roma, Kristen Katolik Ortodhok,
Hindu Bali, Hindu Jawa, apapun!

Kepada yg ingin mengikuti Yesus, smoga sharingku ini
bermanfaat =>
Yesus pernah bersabda, kurang lebih:"Bukan orang yang
berseru kepadaku Tuhan, Tuhan, Tuhan yg akan diterima
di Kerajaan Sorga, melainkan dia yg melakukan
perintahku.

Sedangkan perintah Yesus yg utama adalah Kasih. Maka,
itu berarti bahwa yg akan diterima di Kerajaan Sorga
bukanlah orang yg berseru bahwa Yesus adalah Tuhan,
tetapi ia yg mengaplikasikan Kasih.

Itu ideal-nya, kalopun ga bisa, setidaknya ya jgn jadi
orang yg resek or belagu or sok tahu or menghina apa
yg dipandang suci oleh orang lain, termasuk ritual yg
disakralkan dan orang yg dipandang mulia.

*********************
Dgn latar belakang Islam =>

Islam adalah agama rahmatilalamin (rahmat bagi semesta
alam). Hal tsb harus selalu dikedepankan sehingga
kedamaian tidak keganggu dgn perdebatan konsep2 ttng
Tuhan. Islam hadir bukan untuk mengajak debat ttng
Konsep2 KeTuhanan, tetapi untuk membawa rahmat.

So, coba kita akui kebenaran sejarah berikut sbg alat
bantu agar kita bisa introspeksi, sudahkah hal tsb
diamalkan dgn baik:

Gini, baru beberapa tahun setelah Nabi Muhammad
meninggal di 632M, umat Islam sudah berperang satu
sama lain:

1.Perang Onta (656 M):antara Ali(menantu Nabi)vs
Aisyah(istri ke sekian Nabi).Inilah perang yg cukup
signifikan bagi Suni dan Syiah, krn dgn perang ini
maka semua Hadist Nabi yg diriwayatkan lewat Aisyah
tidak diakui oleh umat Islam Syiah. Sedangkan di
organisasi Muhammadiyah (Suni) sendiri nama Aisyah
justru dijadikan nama salah satu anak organisasinya.

2.Perang Siffin (657 M):antara Ali (menantu Nabi)vs
Muawiyah I. Ali bin Abi Thalib (yg saat ini diakui
sebagai Khalifah ke 4 dlm tradisi Suni) melawan
Muawiyah I yg kemudian dikenal sebagai Raja pertama
Kekhalifahan Muawiyah.

3.Perang Nahrawan (657 M):antara Ali dan mereka yg
menolak hasi Perang Siffin.

4.Perang Karbala
Perang Karbala yg menjadi garis penegas perpisahan
antara (yg sekarang disebut sbg )Islam Syiah dan
Sunni. Perang yg dikenal sebagai perang untuk
mendirikan Kekhalifahan Muawiyah ini berakhir dgn
dibunuhnya Hussein cucu Nabi dengan sadis oleh pasukan
pendukung Kekhalifahan Muawiyah, lantas potongan
kepala beliau dipamer2kan ke orang2. Mereka yg
melakukan hal sadis tsb adalah orang yg mengaku Islam
dan menganggap perbuatannya "demi Islam".

Itu tdi sdikit sharingku. Tidak ada niat untuk
menghina Islam. Justru agar umat Islam lebih mudah
melakukan interospeksi sehingga pemahaman bahwa Islam
adalah rahmatillalamin lebih meresap.

*********************
Tidak ada niat menghina siapapun juga, baik Kristen
atau Islam atau Hindu atau Budha. Niatku adalah agar
semua lebih interospeksi.

Biar ga ada salah paham, baca juga postinganku
(seteurde_naet) wktu Mon Dec 24, 2007 judulnya:
[CuRhAt] Re:Natal dlm Quran: Manusia Roh
Allah+Sempurna+ Suci+Kalimatuhu+Terkemu...

*********************
Finally, atas kekurangan dan kelemahan yg ada, daku
minta maap ya pren... peace. Thanks, damai, damai,
damai...

--- sky rambe <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> Dear Teman-teman
> saya juga setuju dengan fauji...
> jangan samape milis ini di jadikan ajang pemicu
> terjadinya perdebatan yang bisa membuat satu dsama
> lain antara kita bertengkar atau tersinggung,
> bukannya sudah di berikan peraturan dalam
> pengirtiman email ke milis ini salah satunya tidak
> mengadung sara (agama)
> krena menurut saya hal itu sangat sensitif dan
> prinsipil yang mendasar....
> terima kasih....
>

> Fauzi Ahmad <[EMAIL PROTECTED]> wrote:
> Dear semua teman curhat....
> Kok millis ini jadi ajang debat gituan si (
> [...]

Be a better friend, newshound, and
know-it-all with Yahoo! Mobile. Try it now.