jika menanam melon, kau akan mendapat melon;

menanam kacang, dan kau akan mendapatkan kacang.

dengarkan semua nasihat untuk berbuat baik,

karena saat kau menanam, kau juga yang akan memanen.

beberapa minggu kemaren penyakit lama gue kambuh, minum lagiiii.....
ngak kuat juga ama namanya godaan. padahal gue dah berenti lumayan lama
juga. memang semua berawal dari pikiran, mudah-mudahan gue ngak goyah
lagi.

2 taon yang lalu sih suka dugem, sempet ampir ancur ancuran juga kalo
ngak mau di bilang bener ancur. alcoholic dan inex juga (hampir od) tapi
kalo inex ngak panjang karena gue ngak suka efek setelah dropnya
(tersiksa).

dan gue sekarang mulai berbenah diri gue, karena gue merasa di saat dulu
gue melakukan hal itu, gue ngak merasa tuh gue mengeluarkan sisi terbaik
gue. yang ada gue bikin ortu gue sedih dan membuat orang di sekeliling
gue menjauh karena sisi terburuk dari diri gue yang mereka rasakan.

gue kayaknya kudu apal-in and kontrol yang namanya 5 hawa nafsu
keinginan: yang di lihat, yang di dengar, yang di baui, yang di kecap
dan yang di sentuh.

gue inget salah satu paragraf dari buku yang pernah gue baca isinya:
jika seseorang telah melakukan perbuatan buruk, ia perlu untuk menyadari
apa kesalahannya dan berusaha untuk tidak mengulanginya. berdoa mohon
ampun tidak ada artinya jika setelah berdoa seseorang mengulangi
perbuatan buruk itu lagi dan lagi.

kayaknya gue dah sering ngulang-ngulang terus tuh perbuatan, kadang gue
aja pegel hadepin diri gue sendiri. tapi gue tetep yakin ama diri gue
kalo gue mampu seperti yang gue inginkan. hikmah yang bisa gue ambil
setelah gue nulis curhat ini, seseorang harus menjadi guru, murid dan
pengamat bagi dirinya sendiri.

"kau akan mendapatkan dengan apa yang kau beri"