> surjo >>
> bukannya sebelum luk 2 : 49 pembaca sudah dibimbing siapa " ayah yesus "
>  di luk 1 : 35 misalnya. -cut
> ayah yesus " , supaya kontras mungkin bisa dibandingkan dengan matius
> yang bilang kelahiran yesus adalah supaya firman tuhan digenapi mat 1 : 23
> dari sini juga kita bisa melihat 2 cerita yang beda ; walau matius dan
> lukas memakai tokoh perawan , perawan yang di matius punya makna beda
> dengan perawan yang di lukas. perawan yang dimatius itu karena nubuatan
> nabi yesaya sedang perawan yang dilukas untuk menyatakan maria tidak
> [...]

Adji:
1. Benar dalam arti tertentu.
a. Benar soal penekanan Matius pada rujukan PL.
Dalam arti ini, semua unsur cerita (termasuk "perawan") dikaitkan dengan PL.
Atau lebih tepatnya, PL dikaitkan dengan semua cerita Injilnya.
Jadi, kesimpulan Mas Surjo benar sejauh "perawan Maria" tidak dianggap kasus
khusus.
b. Benar soal penekanan Lukas pada karya Allah yang ajaib.
Dalam arti ini, semua unsur cerita (termasuk "manula" hamil) adalah karya
Allah yang ajaib. Jadi, kesimpulan Mas Surjo benar sejauh "perawan Maria"
tidak dianggap kasus khusus.

2. Salah dalam arti tertentu.
a. Kedua penulis (bukan hanya Lukas) sama-sama menekankan kelahiran Yesus
yang ajaib. Keduanya sama-sama berteologi bahwa ayah Yesus adalah Allah.
Jadi, kesimpulan Mas Surjo yang "terlalu" mengontraskan kedua Injil pada
teologi ini kurang tepat.
b. Di sini saya hanya akan memberi rujukan Matius sebab Mas Surjo
menyimpulkan hal itu tidak ada pada Matius. Nah, apakah Mas Surjo:
(1) masih ingat kasus "Salah Hitung: 14" di Silsilah Matius?
(2) sudah baca Mat 1:18-25? .
(3) juga Mat 2:15 (sekaligus rujukan PL)?
Jenius khan penulis Injil Matius? Hehehe...

3. BTW, saya masih ingat tanggapan Mas Surjo terhadap pendapat Mas Donny
bahwa Injil Matius ditulis untuk org (Kristen-)Yahudi. Menurut Mas Surjo,
Injil Matius ditulis utk non-Yahudi. Dalam hal ini saya sependapat dgn Mas
Donny. (Sesudah lama saya nantikan, sayangnya Mas Donny tidak memberi
tanggapan terhadap pendapat anda).

Salam,
Adji