kok yg dilihat nugroho notosusasantonya,
bukan kpd siapa bekerja dan harus menterjemahkan perintah2nya.

terbukti nugroho matipun, policynya tetap berlanjut,
semua menghujat nugroho (termasuk kisah notosusanto di masa orla
sbg pembenaran seolah policy tbs politik balas dendam).
tak ada yg menghujat soeharto, the real king maker...

HBM

--- In cyber-gki@yahoogroups.com, surjo abadi <[EMAIL PROTECTED]> wrote:

> seingat saya pspb ini keluar saat mendikbud nya nugroho notosusanto.
ybs
> [...]
> sukarno dikatakan sebagai alat pemersatu bangsa, dijadikan berhala,
> keramat, digunakan untuk menakut - nakuti masyarakat. orang yang tidak
> mendukung atau tidak meu mendengar pernyataan pemerintah bisa dicap
> tidak pancasilais alias PKI, persis sama kayak orang fundamentalis yang
> menggunakan alkitabnya untuk menakut - nakuti orang lain , yang berbeda
> pandangan dengannya. dicap dosa-lah, masuk neraka, liberal dan
sebagainya.

> kalau dipikir - pikir ada miripnya antara orba dan fundamentalis.
hehe..